Membanggakan! MTsS Luki Binaan UPZ Semen Padang Raih Prestasi di Ajang MAN KOPAR EXPO dan ALGORISM

  • Cetak

PADANG, binews.id -- MTsS Lubuk Kilangan (Luki) yang merupakan sekolah binaan UPZ Baznas Semen Padang, kembali menorehkan prestasi. Kali ini, melalui ajang perlombaan antar SMP/MTs se-Sumbar, yaitu MAN KOPAR EXPO 2024 yang diselenggarakan oleh MAN 1 Kota Pariaman pada 21 Februari 2024, dan ajang ALGORISM (ALL GLORIUS of MAN 2 Bukittinggi) yang digelar pada 19-24 Februari 2024.

Pada ajang ALGORISM, MTsS Luki berhasil meraih juara 1 dalam lomba Olimpiade Bahasa Inggris yang diikuti oleh Razqia Mardhatillah (Kelas IX), dan Juara Harapan 3 Olimpiade IPS yang diikuti oleh Nayla Fauziah (Kelas IX). Kemudian di MAN KOPAR EXPO 2024, meraih Juara Harapan 1 di cabang lomba Musabaqah Syahril Quran (MSQ) melalui tiga siswanya, yaitu Salsabila Putri (Kelas IX), Dara Nur Lathifah (Kelas VIII) dan Janneta Isma (Kelas VIII).

Kepala MTsS Luki Zulmaidi mengatakan, pihaknya bersyukur atas capaian para siswi MTsS Luki yang mengikuti ajang tersebut, sehingga prestasi tersebut tentunya dapat mengharumkan nama MTsS Luki di Sumbar. "Alhamdulliah, MTsS Luki meraih tiga penghargaan di Februari ini. Tentunya, ini sebuah kebanggaan bagi kami," kata Zulmaidi didampingi Wakil Bidang Kesiswaan MTsS Luki, Sonia Febrika, Senin (26/2/2024).

Baca Juga

Menurutnya, penghargaan MAN KOPAR EXPO dan ALGORISM yang diraih ini, semakin melengkapi prestasi MTsS Luki. Karena di Januari lalu, siswa-siswi MTsS Luki juga berhasil menorehkan prestasi di Kejuaraan Pencak Silat Camar Putih Open yang digelar di GOR Nan Ompek Tanjung Pauh, Kota Payakumbuh. "Artinya, sudah banyak siswa kami yang meraih prestasi. Semoga berbagai prestasi ini menjadi pelacut bagi siswa kami lainnya," ujar Zulmaidi.

Kemudian, terkait Olimpiade Bahasa Inggris dan IPS yang digelar pada ajang ALGORISM, Zulmaidi menyebut bahwa prestasi yang diraih sesuai dengan target yang diinginkan sebelumnya. Namun, untuk Juara Harapan yang diraih pada MAN KOPAR EXPO 2024, pihaknya cukup puas, mengingat tim yang diturunkan merupakan pelajar kami yang sama sekali belum pernah mengikuti lomba serupa.

"Alhamdulilah dapat Juara Harapan. Semoga ke depannya, MTsS Luki bisa keluar sebagai juara. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada manajemen Semen Padang, khususnya UPZ Baznas Semen Padang yang selalu mendukung kami. Karena, tanpa dukungan tersebut belum tentu berbagai prestasi ini bisa kami raih," ujarnya.

Wakil Bidang Kesiswaan MTsS Luki, Sonia Febrika menambahkan bahwa untuk mencapai prestasi di MAN KOPAR EXPO dan ALGORISM, pihaknya melakukan berbagai persiapan. "Seperti Olimpiade, kami siapkan guru pendamping dan setiap hari latihan di sekolah. Kemudian untuk memantapkan persiapan, guru pendamping juga meminta siswa-siswi yang dilatih untuk terus mengulangnya di rumah," katanya.

Kemudian, ketika ditanya target dari MTsS Luki ke depan, Sonia menyebut bahwa saat ini pihaknya tengah menyiapkan siswa-siswi MTsS Luki untuk mengikuti ajang MTQ Nasional dari berbagai tingkatan yang dimulai secara bertahap dari tingkat kelurahan hingga tingkat nasional dengan cabang lomba Khotbah, Azan, MSQ dan Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) atau cerdas-cermat.

"Kami dari MTs Luki, berharap doa dan dukungan semua pihak, termasuk Semen Padang melalui UPZ Baznas Semen Padang yang selama ini telah memberikan pembinaan bagi MTsS Luki, yang merupakan sekolah gratis di bawah naungan Yayasan Perguruan Islam (YPI) Lubuk Kilangan," ujar Sonia.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian UPZ BAZNAS Semen Padang, Muhammad Arif mengatakan, bahwa pihaknya mengaku bangga dengan prestasi yang telah diraih MTsS Luki. "Kami turut berbangga dengan prestasi demi prestasi yang telah diraih oleh siswa-siswi MTsS Luki, semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi yang lainya," kata Arif.

Terkait dukungan terhadap MTsS Luki, Arif menyampaikan bahwa dukungan itu merupakan bagian dari Program Peduli Pendidikan yang ada di UPZ Baznas Semen Padang. Program ini bertujuan untuk peningkatan SDM sebagai salah satu upaya dalam mengangkat taraf hidup masyarakat kurang mampu.

"MTsS Luki ini adalah sekolah gratis yang menampung anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu yang ada di lingkungan perusahaan Semen Padang. Nah, untuk mendukung operasional sekolah, tiap tahun UPZ Baznas Semen Padang rutin menyalurkan bantuan biaya operasional. Jumlahnya bervariasi," ujarnya.

Seperti diketahui, MTsS Luki merupakan sekolah yang didirikan PT Semen Padang melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Sekolah agama ini didirikan gratis untuk anak-anak kurang mampu dan berprestasi yang ada di Luki. Untuk operasional madrasah, disamping dana BOS Pemerintah dan bantuan dari UPZ Baznas Semen Padang, bantuan lainnya juga berasal dari dana CSR PT Semen Padang. (bi/rel)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru