Ribuan Warga Sijunjung di Pool Test Covid Secara Gratis

  • Cetak

SIJUNJUNG, binews.id -- Sebanyak 1.662 warga Sijunjung, Sumatera Barat melaksanakan Pool Test Covid Masal Secara Gratis, Senin (22/6/2020).

Sayangnya, dalam Pool Test Covid itu tak melibatkan test bagi anggota DPRD, Tim Gugus, Kadis dan Forkopimda maupun wartawan. Tak ayal, Wakil Bupati Sijunjung, H.Arrival Boy pun sempat meradang. Wabup setuju kalau anggota DPRD, Tim Gugus Tugas dan Kepala Dinas-Kepala Dinas (Kadis) juga di Swab.

"Jangan hanya warga masyarakat saja yang di Swab. Apa salahnya anggota DPRD, Tim Gugus Tugas dan Kepala Dinas-Kepala Dinas dan Wartawan juga mesti dilakukan juga untuk mencari sample nya. Karena kita tidak tahu kondisi sebenarnya," terang Wabup Sijunjung, Arrival Boy usai meninjau pelaksanaan Pool Test Covid pada Senin (22/6/2020).

Baca Juga

Pernyataan Arrival Boy itu cukup beralasan. Pasalnya, pihak-pihak yang disebutnya itu lebih sangat penting karrna berhubungan langsung dengan semua pihak.

"Kalau kita-kita Tim Gugus Tugas, OPD-OPD, anggota DPRD Forkopimda, Walinagari, Camat dan ini malah lebih penting, karna mereka berhubungan langsung dengan banyak pihak,"jelas Arrival Boy.

Kepala Dinas Kesehatan Sijunjung, Drg Ezwandra, menyebutkan, secara kesesluruhan warga yang menjalani pool test itu mencapai 1.662 orang yang tersebar di delapan kecamatan.

Selain itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Sijunjung, Sumatera Barat, Rizal Efendi selaku Juru bicara Penanganan Covid-19, menyebutkan pelaksanaan pool test di daerah itu dilaksanakan pada Senin hingga Rabu (22-24 Juni 2020) akan datang.

"Pelaksanaan ini kita lakukan berdasarkan surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Nomor : 443.3/126/Dinkes-P2P/VI/2020 dengan perihal data jumlah penduduk dan KK per Nagari untuk dilakukan pool test dalam survei cepat insiden Covid-19 di Kabupaten Sijunjung untuk menghitung angka insiden Covid-19 secara real," ungkap Rizal Efendi kepada Jurnalsumbar.Com, Senin (22/6/2020).

Dikatakan Rizal, pelaksanaan pool test itu dilaksanakan di delapan Kecamatan oleh Dinas Kesehatan melalui wilayah kerja Puskesmas masing-masing.

"Swab masal ini ditujukan kepada masyarakat umum ditiap nagari secara gratis," terangnya.

Ia berharap setelah diadakan pool test tersebut agar bisa memastikan bahwa kabupaten Sijunjung memang benar-benar pada zona hijau.

"Saya selaku juru bicara Penanganan Covid-19, juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang beraktifitas di kenormalan baru saat ini tetap patuh kepada protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, jaga jarak dan menjaga pola hidup bersih dan sehat. Tujuan dari Pool Test yakni, untuk mengidentifikasi insiden Covid-19 di Kabupaten Sijunjung dan mengidentifikasi individu yang terinfeksi di Kabupaten Sijunjung yang menjadi dasar untuk melakukan tracing," terang Rizal Efendi. (ius)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru