Semen Padang-Pemko Padang Resmikan Pustaka Brilian Smart di Baringin

  • Cetak

PADANG, binews.id - PT Semen Padang bersama Pemerintah Kota (Pemko) Padang meresmikan Pustaka Brilian Smart, Kelurahan Baringin, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Rabu (31/1/2024). Terintegrasi dengan TK Waladar Rasyid, pustaka yang didirikan PT Semen Padang itu memiliki sekitar 200 koleksi buku dari berbagai jenis.

Acara peresmian pustaka itu dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Pemko Padang, di antaranya, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, Syamdani, Kabid Pembinaan, Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Kota Padang, Nasdwi Yelly, Camat Lubuk Kilangan, Afrialdi Masbiran, dan Lurah Baringin, Yuliar. Dari PT Semen Padang hadir Staf Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Unit Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang, Nurwan, yang hadir mewakili manajemen PT Semen Padang.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis menjelaskan, pendirian Pustaka Brilian Smart yang terintegrasi dengan TK Waladar Rasyid ini merupakan upaya nyata dari perusahaan untuk turut berkontribusi dalam meningkatkan minat baca dan kualitas pendidikan di Kota Padang.

Baca Juga

"Melalui pustaka ini, kami berharap dapat membantu menyediakan akses bacaan yang berkualitas bagi anak-anak dan generasi muda. Sebanyak 200 koleksi buku telah kami siapkan dari berbagai genre untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan generasi penerus bangsa," kata Iskandar yang disampaikan di tempat terpisah.

Ia berharap koleksi buku tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh warga setempat.

Staf TJSL Unit CSR PT Semen Padang, Nurwan, menambahkan, Pustaka Brilian Smart ini merupakan salah satu program Basinergi Mambangun Nagari (BMN) bekerjasama dengan Forum Nagari Kelurahan Baringin. Dia berharap, perpustakaan ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal, khususnya bagi generasi usia dini hingga generasi muda.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, Syamdani menyampaikan, pustaka akan tetap menjadi gudang ilmu selama tidak pernah menyentuhnya. "Untuk itu, mari kita kawal dan giring bersama-sama agar anak-anak kita ini bisa memanfaatkan pustaka untuk menambah pengetahuannya," ujar Syamdani.

Syamdani yang hadir mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, juga menyampaikan apresiasi kepada PT Semen Padang yang telah mendukung berdirinya pustaka di Kelurahan Baringin. Menurutnya, pendirian pustaka ini semakin membuktikan bahwa PT Semen Padang sangat peduli terhadap kecerdasan masyarakat yang ada di lingkungannya.

"Saya mewakili Pemko Padang, berterima kasih kepada Semen Padang yang telah mendirikan pustaka. Jadi sekali lagi, mari kita dorong agar anak-anak kita giat membaca. Begitu juga dengan para orangtua di Baringin ini, manfaatkan juga pustaka ini. Karena, saya lihat di pustaka ini juga ada buku tentang parenting yang sangat bagus dijadikan bacaan oleh para orangtua," katanya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Baringin, Jamal Febrianto, juga mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang. Karena, keberadaan pustaka ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat. Apalagi, agama Islam menganjurkan untuk membaca.

Ketua Forum Nagari Kelurahan Baringin, Doli Fajri berharap keberadaan Pustaka Brilian Smart ini dapat menjadi literasi bagi anak-anak usia dini untuk mengenal buku. "Kami berharap pustaka ini bisa berkembang seperti buku bacaannya ditambah sampai untuk jenjang pendidikan tinggi," katanya.

Pengelola Pustaka Brilian Smart, Refmaida, menyampaikan bahwa pustaka ini didirikan di bangunan yang terintegrasi dengan TK Waladar Rasyid, bertujuan agar anak-anak usia dini atau anak TK, dapat lebih mengenal buku dari pada gawai. Kemudian bagi orangtua anak TK, pustaka ini bisa dimanfaatkan sembari menunggu anaknya pulang sekolah.

Di Pustaka Brilian Smart ini ada sekitar 200 buku bacaan. Selain buku untuk pendidikan, juga ada buku bernuansa Islami untuk anak-anak, novel remaja, parenting, buku sejarah, buku inspirasi, buku cerita anak, komik, dan lain sebagainya.

"Kami berharap dari berbagai pihak atau individu untuk bisa menyumbangkan buku-buku koleksinya ke pustaka kami ini. Semen Padang telah memulai, kami akan menjadikan perpustakaan ini gudang ilmu yang dapat memperkaya pengetahuan anak-anak dan juga masyarakat Baringin ini," pungkasnya. (bi/rel)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru