Tinjau Pembersihan Akibat Banjir, Plt Bupati Sabar AS Serahkan Sembako pada Warga

  • Cetak

Lubuk Sikaping, binews.id- Usai banjir di Kota Lubuk Sikaping, langkah pembersihan material banjir terus dilakukan oleh seluruh pihak terkait.

Dihari ke ketiga pelaksanaan pembersihan lokasi banjir, Beberapa alat berat kembali bekerja membersihkan material banjir di sepanjang jalan lintas sumatera antara Pasar lama Lubuk Sikaping dan Pertamina pasar kaciak.

Tidak hanya itu alat berat juga dikerahkan di beberapa titik banjir diantaranya kawasan Rimbo aro untuk pembersihan lokasi Sumber air PDAM, ditambah lagi satu buah alat berat untuk pembersihan alur sungai," ujar Kepala Dinas PUPR Pasaman Agusti Awizar.

Baca Juga

Sementara itu Direktur PDAM Pasaman "Ahmad Subur di lokasi banjir tersebut mengatakan, Perlu kerja keras untuk mengembalikan alur sungai pada INTAKE PDAM, hal ini alur sungai tersebut telah ditutupi oleh material batu dan kerikil.

Dalam hal ini upaya mengembalikan alur sungai ke semula ditargetkan selama 2 atau 3 hari, sehingga air bersih bisa berfungsi sedia kala, disamping itu guna membantu masyarakat terhadap kebutuhan air bersih, pihak PDAM Pasaman menerjunkan 2 unit mobil tangki air bersih." Ungkap Ahmad Subur

Sementara itu Ketua baznas Pasaman Asnil M.di TKP mengatakan, Baznas Pasaman dalam hal ini, sejak dari awal telah membantu masyarakat terdampak banjir dengan membagikan sedikitnya 200 nasi bungkus bagi warga dan saat ini pihaknya juga telah memohon adanya bantuan dari Baznas Provinsi Sumatera Barat.

Demikian juga halnya dengan Dinas Sosial Pasaman, bantuan awal yang dilaksanakan dengan adanya pembuatan Dapur umum di 2 buah titik," ujar Kadis Sosial Dedy di TKP.

Dedy juga menjelaskan, Melalui pihaknya juga mengucurkan Bantuan Atensi berupa Beras 10 kg, minyak goreng dan telur dan logistik dari Kemensos RI melalui Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Padang.

Sementara itu Plt Bupati Pasaman Sabar AS saat memonitor kegiatan pembersihan material longsor, kepada awak media mengatakan, Pemerintah daerah dalam hali ini terus berupaya memulihkan situasi ini, bersama stakeholder yang ada terus Berusaha untuk mengembalikan ke situasi awal.

Kita fokus pembersihan Jalan utama ini, karena fasilitas jalan ini merupakan ikon penting dan termasuk di kawasan ramai lalu lintas, termasuk fasilitas lain yang sangat penting, "ujar Sabar AS

Terkait intensitas hujan yang sangat tinggi, kita berharap adanya kewaspadaan terhadap masyarakat terutama pada sepanjang alur sungai , "tutup Sabar AS

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Dandim 0305 /Pasaman Letkol Inf Putra Negara, Waka Polres Pasaman Kompol Muddazir, Plh Sekda Pasaman Yasri Uripsyah, Kepala OPD, Camat Lubuk Sikaping, dan beberapa Wali Nagari.

Disamping itu juga diserahkan Beras dan sembako oleh Plt Bupati Sabar AS terhadap warga Nagari Durian Tinggi dan Nagari Tanjuang Beringin Lubuk Sikaping.(Fajri)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru