Kampung Tangguh Nusantara Segera Hadir di Payakumbuh

  • Cetak

PAYAKUMBUH, binews.id --- Wali Kota Riza Falepi hadir dalam gotong royong massal Camat, TNI-POLRI, lurah, Karang Taruna, dan warga di Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) dalam rangka mempersiapkan Kampung Tangguh Nusantara menyongsong Tatanan Normal Baru Produktif Aman Covid-19 (TNBPAC), Sabtu (13/6).

Kampung tangguh yang baru dicanangkan di Payakumbuh ada 3 kecamatan, yaitu Kelurahan Limbukan, Payakumbuh Selatan, Kelurahan Payobasuang Payakumbuh Timur, dan Kelurahan Koto Panjang Padang dan Koto Panjang Dalam di Nagari Koto Panjang, Kecamatan Latina.

Wako Riza mengapresiasi semangat warga Latina dalam mewujudkan kampung tangguh ini, menurutnya ini adalah awal dari gerakan tatanan nomal baru produktif aman Covid-19. Riza berharap kampung-kampung tangguh ini dapat menjadi percontohan oleh kelurahan lain, kuat swadaya masyarakatnya.

Baca Juga

"Antusiasi warga Lamposi yang bersemangat menyongsong new normal sangat besar. Kita dari pemerintah berusaha sekuat tenaga bagaimana sesegera mungkin setiap sektor kembali seperti semula. Semoga bisa direalisasikan oleh semua kelurahan lainnya," ujar Riza.

Dipesankan Riza, camat harus bisa mengajak warga membangun gerakan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), dimana detiap KK di halaman rumahnya mampu bercocok tanam, meskipun hanya dengan polyback. Atau membuat kolam ikan dari terpal.

"Dalam situasi terpapar Covid-19, masyarakat tidak perlu cemas, berakibat kepada ekonomi. Karena, ketersediaan pangannya sudah tersedia, lewat hasil kegiatan KRPL ini, sekurang-kurangnya, warga punya sayur dan cabe di halaman rumahnya," jelasnya.

"Kehidupan masyarakat di kampung tangguh, terpelihara semangatnya untuk saling membantu, sharing informasi dalam berbagai hal dan mampu meningkatkan kepedulian sekaligus menjaga kamtibmas di kelurahan setempat," simpul Riza.

Sementara itu, Camat David Bachri berkomitmen untuk tetap mangajak masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan.

"Alhamdulillah Kecamatan Latina saat ini nol kasus positif Covid-19, tentu hal ini harus bisa pertahankan dengan adanya dukungan dari seluruh masyarakat. Selanjutnya untuk kampung tangguh ini kita berharap seluruh kelurahan di Kecamatan Latina bisa diwujudkan," pungkas Camat muda energik itu. (med)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru