Pemko Bukittinggi Kembali Akan Menggelar Minang Geopark Run Desember 2023

  • Cetak

BUKITTINGGI - Untuk kelima kalinya Pemko Bukittinggi melalui Dinas Pariwisata menggelar Evan Minang Geopark Run ( MGR ) 2023 bersama Pemerintah Propinsi Sumbar, yang direncanakan digelar 10 Desember 2023 mendatang.

Untuk suksesnya pelaksanaan MGR 2023 ini, Pemko Bukittinggi bersama pihak panitia telah melakukan rapat pematangan persiapan, Jumat (17/11).

Menurut Sekda Bukittinggi, Martias Wanto, didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kota Bukittinggi, Rofie Hendra, menjelaskan, Minang Geopark Run 2023 ini, merupakan event kelima dilaksanakan oleh Pemko Bukittinggi.

Baca Juga

"Insyaallah MGR ke Lima ini akan dibanjiri peserta. Sejak Pendaftaran dibuka dari 1 September hingga 31 Oktober 2023 lalu, tercatat 1445 orang peserta, ujar Sekda.

Dikatakannya, Race Pack Collection day di gelar 8-9 Desember, di Istana Bung Hatta.

Sementara Race day -nya kita laksanakan pada 10 Desember 2023 dengan mengambil Start dan finish di Jam Gadang. Peserta akan melewati Ngarai Sianok sebagai salah satu lokasi Geopark di Sumatra Barat.

Selain itu, peserta akan melewati rute lain sesuai kategori jarak 5K, 10K dan 21K, jelasnya.

Dari data yang terdaftar 1445 peserta 80 persennya berasal dari dari luar kota Bukittinggi. 60 persen dari jumlah itu, berasal dari luar Sumbar, seperti Jambi, Medan dan Riau, ungkap Martias Wanto.

"Sesuai arahan Bapak Wali Kota, event ini harus dibuat semaksimal mungkin. Alhamdulillah banyak peserta dar luar Bukittinggi. Sehingga target peningkatan kunjungan wisata dan berdampak pada peningkatan perekonomian pun dapat dicapai," pungkas Sekda

Sementara Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar, Asril, mengatakan bahwa, Pemprov Sumbar menyambut baik pelaksanaan Minang Geopark Run 2023, karena kegiatan ini sejalan dengan program pemprov tahun kunjungan pariwisata 2023, yang bertajuk Visit Beautiful West Sumatra.

Pemprov Sumbar memasang target kunjungan wisatawan ke Sumbar tahun 2023 ini 8,2 juta kunjungan wisatawan termasuk ke Kota Bukittinggi

"Hingga saat ini, dari 19 kabupaten kota di Sumbar sudah terdata 7,2 juta kunjungan wisatawan. Semoga dalam dua bulan terakhir, target ini tercapai. Event geopark run 2023 ini, sebagai salah satu bentuk kita mensupprot peningkatan kunjungan wisatawan itu. Sehingga ini akan berdampak pada peningkatan perekonomian warga,"ujar Asril.

(Ma)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru