Disambut Kabag Persidangan dan Tenaga Ahli, Mahasiswa Unand Baraja ke DPRD Sumbar

  • Cetak

PADANG, binews.id -- Sejumlah Mahasiswa Universitas Andalas (UNAND) yang tergabung Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (MPM KM) mengunjungi Kantor DPRD Provinsi Sumatera Barat dalam rangka Baraja Jum'at (17/11/2023).

Rombongan mahasiswa tersebut diterima Kabag Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD Sumbar Zardi Syahrir didampingi Tenaga Ahli Prof. Kurnia Warman dan Kasubag Protokol Darul Idris.

Zardi Syahrir memberikan apresiasi kepada MPM KM Unand yang telah menjadikan DPRD Sumbar sebagai tujuan untuk belajar tentang fungsi dan wewenang DPRD dalam pemerintahan.

Baca Juga

"Saya atas nama lembaga DPRD Sumbar berterima kasih kepada mahasiswa sudah berkunjung kesini. Ini menandakan Parlemen menjadi sesuatu yang menarik bagi anak muda,"ujar Zardi.

Kemudian Zardi menjelaskan secara singkat peran dan fungsi DPRD. Kata dia, DPRD memiliki tri fungsi, yaitu fungsi legislasi, fungsi penganggaran dan fungsi pengawasan.

"Saya contohkan, Pemerintah Daerah ingin melaksanakan pembangunan, maka tugas DPRD membahas dan menyiapkan anggarannya melalui APBD," jelas Zardi.

Lanjut Zardi, DPRD juga memiliki tugas mengawasi pelaksanaan APBD yang dikerjakan oleh organisasi perangkat daerah (OPD). "Setelah APBD ditetapkan, maka tugas DPRD selanjutnya adalah mengawasi pelaksanaan APBD tersebut," ungkapnya.

Selanjutnya Tenaga Ahli DPRD Sumbar Prof. Kurnia Warman mengatakan, DPRD tidaklah sama dengan DPR RI yang punya wewenang penuh untuk mengawasi kebijakan pemerintah pusat.

"Artinya, DPRD bukan legislasi. DPRD merupakan bagian dari pemerintah daerah yang bersama-sama membangun daerah," tambah Kurnia.

Mahasiswa Unand tersebut menyampaikan terima kasih karena DPRD Sumbar telah bersedia menerima kunjungan mereka untuk belajar banyak hal tentang peran dan fungsi DPRD.

"Terima kasih kepada pak Zardi, pak Kurnia dan pak Idris telah bersedia menerima kunjungan kami, semoga ilmu yang kami dapat hari ini dapat menambah wawasan dan berguna bagi kami kedepannya," ungkapnya. (bi/rel)

Komentar

Berita Terbaru