Verifikasi Lapangan Anugerah Parahita Ekapraya Kementerian PPPA-RI di Kabupaten Limapuluh Kota

  • Cetak

LIMA PULUH KOTA - Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota kedatangan Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi Pengarusutamaan Gender (PUG) dari Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPPA RI), pada Jumat, (17/11/2023).

Tim Verifikasi Lapangan Kementrian PPPA RI melalui Koordinator Ratih Rahmawati, bersama Permata Sari dan Safda Riva disambut oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo yang didampingi Pj.Sekda Herman Azmar, para Asisten, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah.

Kedatangan Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi PUG Kementrian PPPA RI ini guna memastikan pelaksanaan kebijakan PUG terintegrasi dengan baik di Kabupaten Limapuluh Kota beserta program-program yang sudah diimplementasikan.

Baca Juga

Tampak hadir dalam verifikasi, Ketua TP PKK Nevi Safaruddin, Direktur Politani Payakumbuh, Direktur RSUD Achmad Darwis beserta sejumlah ketua organisasi perempuan di Limapuluh Kota.

Bupati Safaruddin dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi PUG Kementrian PPPA RI di Kabupaten Limapuluh Kota.

Bupati mengatakan, sebagai Kepala Daerah sangat menyambut baik kehadiran Tim dengan harapan menjadi motivasi bersama dalam perbaikan terkait saran, pendapat dan evaluasi yang perlu dilaksanakan dalam PUG di Limapuluh Kota.

"Momen kunjungan Tim Verifikasi ini menjadi dorongan bagi pemerintah daerah untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dan pengembangan potensi masyarakat, terutama dalam upaya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak," sambungnya.

Dalam harapannya di tahun 2023, Kabupaten Limapuluh Kota mendapatkan pengakuan melalui Anugerah Parahita Ekapraya (APE) sebagai bukti komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender.

"Dilakukannya verifikasi lapangan ini, diharapkan dapat mewujudkan kemajuan di bidang kesetaraan gender dan perlindungan anak. Kabupaten Limapuluh Kota melalui DP2KBP3A siap berkomitmen untuk terus melangkah maju demi kehidupan yang setara dan adil bagi seluruh masyarakatnya," tambah Bupati.

Ia mengajak semua pihak untuk secara aktif mengikuti proses verifikasi ini dengan sebaik-baiknya, dengan harapan agar Kabupaten Limapuluh Kota dapat meraih prestasi dan mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya.

Sementara itu, ketua Tim Verifikasi Lapangan Kemen PPPA, Ratih Rahmawati dalam sambutannya menyampaikan, kehadiran tim PUG di Limapuluh Kota merupakan tindak lanjut dari hasil seleksi administrasi yang dilakukan oleh Kemen PPPA.

"Kehadiran kami disini guna memastikan, setiap item penilaian yang diajukan oleh Pemkab Limapuluh Kota memenuhi syarat atau tidak dan akan menjadi acuan nanti dalam penerimaan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya ," sambungnya.

Ratih turut menyampaikan, berbeda dengan penilaian sebelumnya, saat ini tim verifikator akan fokus terhadap output dari proses penyelenggaraan dan implementasi PUG dalam proses pembangunan di Limapuluh Kota.

"Hasil dari evaluasi ini, sebagai bentuk pengakuan serta apresiasi atas komitmen dan peran pemerintah daerah akan diberikan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dengan tingkatan mulai dari Pratama, madya, Utama dan paling tinggi adalah mentor," jelasnya. (Ly).

Komentar

Berita Terbaru