Nevi Zuairina Dukung Pelestarian Budaya Asli Minangkabau Berupa Pencak Silat

Ragam-113 hit

PADANG PARIAMAN, binews.id — Hj. Nevi Zuairina, anggota DPR RI Daerah Pemilihan Sumatera Barat II, menunjukkan dukungannya yang tulus terhadap pelestarian budaya asli Minangkabau, yakni Pencak Silat. Upaya ini diwujudkan saat Nevi Zuairina menghadiri pengukuhan malewakan Gala 6 pandekar perguruan Karang Indah Korong Kabun Nagari Sungai Buluh Selatan, Kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman.

Pada acara pengukuhan malewakan Gala 6 tersebut, Anggota DPR yang duduk di Komisi VI ini tampak begitu antusias untuk memberikan dukungan dan apresiasinya terhadap seni bela diri tradisional Minangkabau, Pencak Silat. Dalam pidatonya, ia menggarisbawahi pentingnya melestarikan warisan budaya yang kaya ini.

"Saya merasa bangga bisa hadir di sini hari ini dan menyaksikan kemampuan luar biasa dari pendekar-pendekar muda Minangkabau. Pencak Silat adalah salah satu aset budaya yang sangat berharga, dan kita harus bekerja sama untuk melestarikannya agar tetap hidup dan berkembang," kata Nevi Zuairina dalam sambutannya.

Baca Juga

Pencak Silat, sebagai seni bela diri tradisional Indonesia, memiliki akar yang kuat di Minangkabau dan telah menjadi bagian integral dari kehidupan dan budaya masyarakat setempat. Dengan mendukung upaya pelestarian dan pengembangan Pencak Silat, Politisi PKS ini berkomitmen untuk menjaga identitas budaya yang kaya di daerahnya.

Pengukuhan malewakan Gala 6 pendekar perguruan Karang Indah Korong Kabun Nagari Sungai Buluh Selatan juga menjadi ajang untuk memperlihatkan kepiawaian dan keterampilan para pendekar dalam berbagai gerakan Pencak Silat. Acara ini mendapatkan apresiasi tinggi dari masyarakat setempat dan menjadi langkah positif dalam upaya melestarikan budaya asli Minangkabau.

Semangat dan dukungan dari Hj. Nevi Zuairina, anggota DPR RI Daerah Pemilihan Sumatera Barat II, memberikan harapan lebih besar bagi pelestarian budaya Pencak Silat di Padang Pariaman dan seluruh Indonesia. Budaya ini terus berkembang dan menjadi bagian penting dari identitas budaya bangsa Indonesia.

Aktivis Perempuan Sumatera Barat ini mengucapkan rasa Terima kasih kepada semua yang hadir di acara pengukuhan Pencak Silat hari ini. Menurutnya, acara ini bukan hanya sebuah perayaan keahlian pendekar, tetapi juga upaya kita bersama untuk melestarikan dan mempromosikan kekayaan budaya Minangkabau, Pencak Silat.

"Mari kita bersatu tangan dalam menjaga tradisi yang telah diwariskan oleh leluhur kita ini. Pencak Silat adalah warisan berharga yang perlu kita pelihara, sebarkan, dan wariskan kepada generasi mendatang. Melalui kegiatan seperti ini, kita dapat merajut kebanggaan sebagai bangsa Indonesia yang kaya akan budaya dan seni. Saya yakin, dengan semangat dan kerja keras kita semua, Pencak Silat akan terus berkembang dan tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Minangkabau. Selamat kepada pendekar-pendekar yang telah dikukuhkan hari ini. Semoga semangat dan keterampilan kalian dapat menginspirasi generasi muda untuk mencintai dan menjaga warisan budaya kita," tutup Nevi Zuairina dalam sambutannya. (bi/rel)

Komentar

Berita Terbaru