Gubernur Mahyeldi Sampaikan Komitmennya untuk Memajukan Ekosistem Transportasi Publik di Sumbar

  • Cetak

PADANG, binews.id -- Memeriahkan peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Ke-53, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar kegiatan jalan santai bersama masyarakat di Padang, Minggu (17/9/2023).

Jelang pelepasan peserta, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menyampaikan komitmennya untuk memajukan ekosistem transportasi publik di Sumbar, dengan mengedepankan sisi keamanan dan kenyamanan pengguna.

"Hari ini adalah momentum bagi kita bersama, untuk mewujudkan kembali transportasi publik yang berkualitas dan nyaman bagi seluruh kalangan di Sumbar," ucap Gubernur Mahyeldi dihadapan ratusan peserta jalan santai.

Baca Juga

Diakuinya, saat ini kualitas transportasi publik di Sumbar memang masih jauh dari harapan. Tapi ia menilai, kondisi itu masih bisa dibenahi, asalkan seluruh pemangku kepentingan memiliki komitmen yang sama untuk berubah menjadi lebih baik. Hal ini disebut Mahyeldi juga telah pernah ia sampaikan kepada Kepala Dinas Perhubungan Sumbar.

"Pembenahan itu harus terus diupayakan, meski berat tapi kita mesti yakin tidak ada masalah yang tidak ada jalan keluarnya, saya yakin itu asalkan seluruh pihak bisa bersinergi. Kita telah tugaskan Kadis Perhubungan untuk mencarikan formulanya untuk permasalahan ini," ucap Gubernur Mahyeldi

Menurut Mahyeldi, ada 3 aspek yang sangat mempengaruhi psikologis konsumen ketika memilih moda transportasi publik dalam kesehariannya, pertama aspek keamanan; kedua aspek kenyamanan; dan yang ketika aspek kemudahan dari segi aksesnya.

"Agar bisa diminati, 3 aspek tersebut mesti ada dan terjawab, itu tantangan kita di Sumbar," tegas Mahyeldi.

Senada dengan apa yang disampaikan Gubernur, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Prov. Sumbar, Dedi Diantolani juga mengakui minat masyarakat untuk mengunakan transportasi publik di Sumbar, semakin hari semakin menurun.

Menurutnya, itu akibat dari semakin rendahnya kualitas kemananan dan pelayanan dari transportasi publik itu sendiri. Salah satu langkah yang sedang diupayakannya bersama Kadishub kabupaten/kota untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mendorong para penyedia jasa untuk meningkatkan kualitas armadanya serta mengedukasi seluruh operator (sopir) masing-masing agar senantiasa mengedepankan aspek kenyamanan dan ketertiban dalam berkendara.

"Kita terus mendorong, agar seluruh penyedia jasa transportaasi publik di Sumbar memperhatikan dan menjaga kualitas pelayanan dan keamanan, baik dari segi armada maupun pengendaranya. Tujuannya agar para pengguna dapat merasa aman dan nyaman ketika menggunakan jasa tersebut," terang Dedi.

Selanjutnya menurut Kadishub Sumbar, semangat yang sedang diupayakan Pemprov tersebut sesuai dengan tema yang diangkat pada peringatan Harhubnas tahun ini, yakni "Melaju Untuk Transportasi Maju".

Sebagai informasi, kegiatan jalan santai yang digelar untuk memeriahkan Peringatan Hari Perhubungan Nasional ini dilepas langsung oleh Gubernur Mahyeldi bersama Kadishub Sumbar, Dedi Diantolani di depan Kantor Dinas Perhubungan Prov. Sumbar dan akan menempuh rute mulai dari Jalan Raden Saleh, Khatib Sulaiman, SMKN 5 Padang, Makam Pahlawan dan kembali finish di Kantor Dishub Sumbar. (bi/adpsb)

.

Komentar

Berita Terbaru