Rumuskan Kebijakan Penguatan Sentra IKM Perikanan

  • Cetak

PESSEL, binews.id -- Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah perlu merancang dan menerapkan kebijakan publik yang solutif berbasis riset.

Atas dasar itulah, Tim Peneliti Terapan UNP yang dipimpin oleh Dra. Fitri Eriyanti, M.Pd, Ph.D dengan anggota Tim: Dr. Zikri Alhadi, M.A, Rahmadani Yusran, M, Si, Iip Permana, MT, Yuliarti, ME, Artha Dini Akmal, MPA, Hidayatul Fajri, MPA dan Ezi Anggraini, M.Pd melaksanakan FGD Riset Terapan di Kantor Bupati Pesisir Selatan, Selasa (5/9/2023).

FGD ini dilaksanakan dalam rangka tahap awal perumusan kebijakan penguatan kelembagaan Sentra IKM Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan berbasis hasil riset.

Baca Juga

Asisten 2 Pemkab Pesisir Selatan, Yoski Wandri, S.Pi, M.Si dalam sambutannya pada kegiatan FGD ini menyampaikan bahwa Penguatan Kelembagaan Sentra IKM Perikanan Pesisir Selatan mutlak dibutuhkan untuk mengoptimalkan tata kelolanya untuk kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Pemkab Pesisir Selatan, Mimi Riarty Zainul, SE, M.Si, Ak. menyampaikan bahwa Pemda mengapresiasi kegiatan riset yang berkolaborasi dengan pemerintah dan masyarakat untuk mempercepat pembangunan di daerah, khususnya di bidang pengelolaan kelembagaan industri perikanan. Sebagai informasi, Sentra IKM Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan telah dibangun dengan megah dan lengkap fasilitasnya oleh Pemerintah Pusat melalui skema Dana Alokasi Khusus.

Ketua Tim Peneliti UNP, Dra, Fitri Eriyanti, M.Pd. Ph.D menyampaikan bahwa Riset Terapan ini difasilitasi oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI. Sementara kemitraan dengan Pemkab Pesisir Selatan sendiri telah dilakukan sejak tahun 2017 hingga sekarang melalui berbagai skema Program Riset, Pengabdian Masyarakat dan bahkan Program Matching Fund. Dan direncanakan kemitraan ini tetap berlanjut pada Tahun-Tahun berikutnya.

Dalam Proses FGD ini yang dipandu oleh Dr. Zikri Alhadi, M.A, menyampaikan hasilnya adalah Bentuk Kelembagaan Sentra IKM Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan direkomendasikan dalam bentuk: Unit Pelaksana Teknis, BUMD/BUM Nagari atau Koperasi. Nantinya sebagai output dari Riset Terapan ini adalah penguatan terhadap Rancangan Kajian Akademis Naskah Kebijakan dan Regulasi yang relevan.

FGD ini diikuti oleh Asisten 2 Setda, Kepala Dinas Perdagangan dan Transmigrasi, Para Pimpinan OPD lainnya, Camat, Wali Nagari, Pelaku IKM dan Masyarakat terkait di Lingkungan Kabupaten Pesisir Selatan. (bi/rel)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru