Semua Elemen Teken Deklarasi Pemilu Damai, Senator RI Apresiasi Kapolda Sumbar

  • Cetak

PADANG, binews.id -- Siang di tengah terik matahari di halaman Mapolda Sumbar digelar deklarasi Pemilu Damai 2024, Kamis (24/8-2023).

Pimpinan Apel Deklarasi Pemilu Damai 2024 langsung Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharjono, dihadiri Forkopimda dan Parpol peserta Pemilu serta Ormas dan organisasi profesi.

Ketua KPU Sumbar Surya Efitrimen membacakan deklarasi diantaranya berisikan Pemilu damai tanpa hoaks, tanpa politik identitas dan tanpa Sara maupun perilaku money politik dan melaksanakan pemilu sesuai ketentuan yang berlaku.

Baca Juga

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharjono selalu Apel Deklarasi Pemilu Damai 2024 dalam rangka Mewujudkan Situasi Kamtibmas dan Kondusif dI Wilayah Hukum Polda Sumbar.

Irjen Pol Suharjono menegaskan bahwa Pemilu untuk hasilkan pemerintahan yang demokratis

"2024 Pemilu beda karena ada Pemilu dan Pilkada serentak, ada tantangan dalam mewujudkan supaya rakyat pemilik kedaulatan tertinggi terjaga dari pengaruh hoaks dan SARA serta politik identitas

"Deklarasi Pemilu Damai seluruh stakeholder di Sumbar. Ini adalah komitmen masyarakat mewujudkan kedewasaan berdemokrasi

"Harapan saya pemilu berjalan damai dan sukses, Alhamdulillah semua yang hadir bersepakat untuk damai lah pemilu 2024, Insya Allah Pemilu berjalan baik dan lebih baik, dan peserta pemilu meminimalisir pelanggaran,"ujar Kapolda yang mengucapkan terima kasih ke peserta deklarasi yang penuh kesadaran dan sama persepsi di siang terik ini.

Fakta saat deklarasi pemilu damai siang tadi hanya satu Senator DPD RI yang juga terdaftar sebagai Calon DPD RI pada pemilu 2024, yaitu H Leonardy Harmainy.

"Tadi sampai ke Padang, khusus menghadiri undangan Kapolda Sumbar untuk Deklarasi Pemilu Damai 2024,"ujar Leonardy Harmainy yang juga Ketua Dewan Kehormatan DPD RI, Kamis 24/8-2023.

Bahkan tak sekedar hadir Leonardy Harmainy juga ikut bersama peserta deklarasi menandatangani bentangan spanduk Deklarasi Pemilu Damai 2024 disiapkan Subdit I Dit Intelkam Polda Sumbar.

"Saya mengapresiasi Kapolda Sumbar dan jajaran yang menginisiasi deklarasi damai Pemilu 2024, tidak itu saja juga mampu menghadiri Forkopimda dan KPU serta Bawaslu Sumbar Ini bukti keseriusan Kapolda Sumbar untuk siap sukseskan Pemilu 2024,*ujar Leonardy.

Tapi dari banyak kehadiran elite se Sumbar di halaman Mapolda Sumbar termasuk di tanda tangan spanduk deklarasi damai, banyak kalangan wartawan heran, kok pas di bawah lambang tuah sakato tidak ada tanda tangani?.

"Tak ada tanda tangan di bawah lambang Pemprov Sumbar, sementara elemen lain termasuk Forkopimda ada tanda tangannya,"celoteh banyak peserta aksi usai foto bersama dengan Kapolda Sumbar tanpa.ada jawaban dari yang mengetahui ketidakadaan tanda tangan tersebut.

Tapi meski itu, Senator DPD RI Leonardy Harmainy menyebut deklarasi pemilu damai digelar Kapolda Sumbar sukses dan mencapai sasaran.

"Ini bukti masyarakat Sumbar siap bersama Polri dan KPU serta Bawaslu untuk sukseskan pesta demokrasi 2024 di Sumbar,"ujar Leonardy (*)

Komentar

Berita Terbaru