Cetak Barista Profesional Melalui Uji Kompetensi Barista Profesional

  • Cetak

PADANG, binews.id -- Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Negeri Padang (LSP UNP) kembali melakukan giat dan menunjukkan eksistensinya sebagai Lembaga professional dibidang sertifikasi profesi melalui kegiatan uji kompetensi Okupasi Barista Profesional.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ball Room UNP Hotel And Convention selama tiga hari. Uji kompetensi kali ini bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Sumatera Barat dan K-Toostz Hospitality.

Pembukaan uji kompetensi langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat BapakDr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM, ASEAN.Eng, dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini karena dari kegiatan ini akan melahirkan Barista professional yang akan meracik dan menyajikan kopi yang nikmat kepada konsumen dan penikmat kopi.

Baca Juga

Selanjutnya Wagub juga menyampaikan bahwa saat ini tak dapat dipungkiri trendngopisudah mewabah kesemua kalangan dan usia. Ini dapat menjadi peluang bagi pengusaha Cafe, Coffee Shop, dan Restoran Hotel untuk meningkatkan penjualan kopi yang dia sajikan melalui tangan Barista yang professional dan pastinya nikmat.

Selaras dengan Wakil Gubernur Sumbar, Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D dalam hal ini juga menyampaikan kegiatan uji kompetensi yang ditenggarai oleh LSP UNP bukan kali pertama dilakukan karena sebelumnya juga sukses melaksanakan beberapa uji kompetensi dengan skema dan okupasi berbagai bidang pada skala nasional dan internasional.

Di samping itu Rektor juga akan menssuport segala bentuk kegiatan uji kompetensi demi mencetak tenaga professional untuk siap kerja baik dari luar UNP, alumni dan mahasiswa UNP sendiri agar dapat bersaing di dunia kerja saat ini.

Pada kesempatan ini juga Ketua LSP UNP, Dr. Mulya Gusman, MT melaporkan berbagai kegiatan uji komptensi yang telah dan akan dilaksanakan dalam waktu dekat, karena LSP UNP menjunjung tinggi profesionalitas dalam melaksanakan kegiatan uji komptensi menjadi daya tarik bagi mitra lain untuk bekerjasama. Diujung sambutan ketua LSP juga berharap LSP UNP dan tim dapat mempertahankan hal ini agar Kerjasama yag terjalin dengan para mitra dapat berjalan terus.

Uji kompetensi Barista Profesional ini diikuti oleh 50 orang peserta yang berprofesi sebagai Barista dari Caffe, Coffe Shop dan Restoran Hotel se-Sumatera Barat. Kegiatan uji komptensi ini diawali dengan pemutaran video ucapan dari Wakil Menteri Tenaga Kerja RI, Ir. Afriansyah Noor, ST., M.Si.,IPU,Ketua BNSP,Kunjung Masehat,Master asesor BNSP, Osvian Putra, dan Pembina Asosiasi Kopi Minang Sumbar, Attila Majidi Datuak Sibungsu.

Setelah pemutaran video dilanjutkan dengan pemberian materi oleh tiga orang Pemateri Profesional yaitu, Erwin Tri Putra, Taswin Novrian Yunizar dan Alfendro Ramadhana Putra. Kemudian dilanjutkan dengan sesi assessment oleh asesor professional Pasaribu, M.Si.Par.CHE, Waryono MM, Par, Kurnia Illahi Manvi M.Par dan Baitul Makmur S.Tr. Par. Salah satu yang menjadi penilaian penting dalam assessment ini adalah para peserta Barista mampu membuat dan menyajikan kopi dengan berbagai jenis dan varian kopi sesuai dengan unit kompetensi yang tertuang dalam skema sertifikasi okupasi Barista Profesional. (bi/rel)

Komentar

Berita Terbaru