500 Pesilat Sumbar, Riau dan Jambi Ikuti Kejuaraan Pencak Silat Semen Padang Open 2023

  • Cetak

PADANG, binews.id -- Kejuaraan Pencak Silat Semen Padang Open 2023 yang digelar PT Semen Padang dalam rangka HUT ke-65 Pengambilalihan Pabrik PT Semen Padang dari Belanda yang diperingati setiap tanggal 5 Juli, resmi digelar, Kamis (27/7/2023).

Bertempat di GOR PT Semen Padang, kejuaraan pencak silat itu dibuka Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang Oktoweri, dan diikuti sekitar 500 pesilat dari 50 perguruan silat yang ada di Sumbar, Riau dan Jambi.

Acara pembukaan itu turut dihadiri Ketua KONI Sumbar Ronny Pahlawan, Wakil Ketua IPSI Sumbar Zulhardi Latif, Camat Pauh, Camat Lubuk Kilangan beserta Lurah se-Lubuk Kilangan, Koramil 04/Lubeg, dan Kapolsek Lubuk Kilangan.

Oktoweri dalam sambutannya mengatakan, PT Semen Padang menggelar Kejuaraan Pencak Silat Semen Padang Open 2023 ini bertujuan untuk melestarikan Pencak Silat sebagai warisan budaya bangsa Indonesia.

PT Semen Padang melalui Forum Komunikasi Karyawan Semen Padang Group (FKKSP-G) membina beberapa perguruan silat yaitu PS Sakato Semen Padang, Kelatnas Perisai Diri dan PS Merpati Putih.

"Selain silat, juga ada cabang olahraga angkat berat, basket, sepak bola, binaraga, bulu tangkis, panahan dan lain sebagainya. Bahkan, bisa dikatakan kalau Semen Padang ini KONI mini dari Sumbar," kata Oktoweri.

Melalui berbagai cabang olahraga ini, lanjut Oktoweri, sudah sangat banyak lahir atlet berprestasi yang dibina melalui FKKSP-G. "Prestasinya tidak hanya skala lokal, tapi nasional hingga internasional," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Oktoweri berpesan kepada atlet dan official untuk tetap mendukung PT Semen Padang agar selalu berkinerja baik dan terus berkembang, supaya PT Semen Padang setiap tahun bisa menggelar kejuaraan pencak silat ini.

"Mohon doa dan dukungan agar Semen Padang tetap survive di tengah ketatnya persaingan industri semen saat ini, sehingga bisa terus berkontribusi memajukan pencak silat melalui kejuaraan pencak silat," katanya.

Kepada semua atlet dan official, Oktoweri berharap agar kejuaraan ini dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi antar atlet dan perguruan. "Teruslah jaga silaturahmi. Selamat bertanding dan mari tingkatkan sportifitas," ungkap Oktoweri.

Ketua KONI Sumbar Ronny Pahlawan mengapresiasi PT Semen Padang yang telah menggelar Kejuaraan Pencak Silat Semen Padang Open 2023. Dia berharap dengan adanya kejuaraan ini, maka ke depan akan ada Semen Padang Open tahun-tahun berikutnya.

"Kami berharap kejuaraan ini bisa menjadi event tahunan oleh Semen Padang, dan kejuaraan ini diharapkan juga dapat mendorong pihak lain untuk menggelar kejuaraan pencak silat, sehingga bibit-bibit atlet makin bertumbuh untuk memajukan olahraga Sumbar, khususnya pencak silat," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Ketua IPSI Sumbar Zulhardi Latif. Dia mengatakan bahwa IPSI Sumbar dan perguruan silat yang ada di Sumbar, sudah lama merindukan kejuaraan pencak silat ini, mengingat PT Semen Padang dulunya selalu rutin tiap tahun menggelar kejuaraan pencak silat.

"Dulunya Semen Padang rutin setiap tahun menggelar kejuaraan pencak silat. Jadi, dengan kembalinya digelar kejuaraan pencak silat, menandakan bahwa Semen Padang bangkit. Untuk itu, tertumpang harapan kami agar Semen Padang bisa kembali menggelarnya secara rutin setiap tahun," kata Zulhardi.

Zulhardi yang juga Ketua IPSI Kota Padang itu juga menyebut pembinaan atlet pencak silat oleh PT Semen Padang, sangat luar biasa. Bahkan, bisa dikatakan setiap PON, Sumbar selalu mendapatkan medali emas dari cabang olahraga silat, dan emas tersebut disumbangkan oleh atlet dari perguruan pencak silat yang dibina PT Semen Padang.

"Begitu juga dengan O2SN, medali emas untuk Sumbar juga berasal dari atlet binaan Semen Padang. Untuk itu, kami dari pengurus IPSI Sumbar mengucapkan terima kasih kepada PT semen Padang yang terus konsisten melakukan pembinaan terhadap cabang olahraga pencak silat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kejuaraan Pencak Silat Semen Padang Open 2023 Dedi M Sidiq menyebut bahwa kejuaraan pencak silat ini digelar dalam rangka memperingati HUT ke-65 Pengambilalihan Pabrik PT Semen Padang dari Tangan Belanda.

Kejuaraan pencak silat dengan tema "Melalui Kejuaraan Pencak Silat Semen Padang Open 2023, Kita Bangun Jati Diri Bangsa" ini digelar mulai 27-30 Juli 2023, dan diikuti 500 atlet berusia 10-17 tahun yang berasal dari 50 perguruan silat di Sumbar, Riau dan Jambi.

"Untuk pertandingannya, dibagi dalam 3 kelompok umur, yaitu Usia Dini, Pra Pemaja dan Remaja. Kejuaraan pencak silat ini memperebutkan total hadiah Rp86 juta," kata Dedi M Sidiq.

Selain itu, pada kejuaraan ini juga ada pembagian doorprize berhadiah menarik yang diundi setiap hari selama kejuaraan pencak silat berlangsung. Hadiah utamanya adalah semen dengan total 200 zak.

"Pada kejuaraan pencak silat ini, kami juga memperlombakan peragaan pakaian dan senjata silat serta dimeriahkan oleh atraksi pencak silat tradisi, dan bazar UMKM," ujarnya. (bi/mel)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru