Bupati Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Jembatan Wisata Pantai Carocok Painan

  • Cetak

PESISIR SELATAN,binews.id --Bupati Pesisir Selatan,Sumatera Barat Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd menghadiri dan melakukan Peletakan Batu Pertama pembangunan jembatan wisata Carocok Painan, Senin (24/07).

Dalam sambutannya, Bupati Rusma Yul Anwar mengatakan Kawasan Pantai Carocok Painan akan tetap kita lakukan pembenahan, kita mulai dengan pembangunan Jembatan Wisata Carocok Painan.

Bupati Rusma Yul Anwar mengatakan kita akan mengembalikan citra Pantai Carocok ini menjadi tempat wisata yang nyaman, aman dan berkesan bagi siapapun yang mengunjungi Pantai Corocok Painan.

Baca Juga

"Kita tidak ingin lagi ada orang melakukan Pemalakan-pemalakan di Kawasan Pantai Carocok ini, kita akan minta bantu kepada Penegak hukum untuk mengatasi hal itu," tegasnya.

Ia melanjutkan, pembangunan Jembatan ini adalah bertujuan untuk menertibkan semua yang ketidakpatuhan, semua yang merasa jagoan, semua yang melakukan pungutan liar, maka kita lakukan satu pintu masuk kawasan pantai carocok.

"Pemagaran Kawasan pantai Carocok painan bukan untuk menyampingkan masyarakat, bukan menyampingkan mereka yang beraktivitas untuk mengembangkan ekonominya, tapi kita akan memberi akses dengan prasarana yang ada didalamnya," tegasnya.

Dikesempatan itu, Kepala Dinas PUPR, Mengatakan kegiatan dikerjakan dengan anggaran Dinas PUPR Tahun 2023 melalui Dana Alokasi Umum dengan total dana sebesar Rp7,50 miliar.

Ia melanjutkan, Pekerjaan ini direncanakan dalam 2 tahun anggaran secara bertahap yaitu tahun 2023 untuk bangunan bawah jembatan dengan anggaran Rp2,30 miliar dan sisanya tahun 2024 untuk bangunan atas.

Kata dia, jembatan ini memakai balok Girder 2 dengan bentang 40 m, plat lantai kombinas beton bertulang dengan lantai kaca.

Oprit jembatan terdiri dari 2 model untuk pengguna sepeda dan tangga untuk pejalan kaki masing-masing lebar 1,50 m.

"Jembatan ini hanya dapat dilalui oleh pejalan kaki dan akses untuk disabilitas dengan dilengkapi spot-spot foto yang menarik dengan Hastag Pasisia Rancak," katanya.

Ia juga mengatakan, bangunan ini adalah fasilitas pendukung aksesibilitas masuk dan keluar area wisata Carocok Painan yang akan mengatur alur pengunj oung wisata agar teratur dan nyaman yang secara langsung akan menertibkan pola pengambilan tiket masuk.

"Dengan demikian akan meningkatkan pendapatan asli daerah, mari kita dukung bersama program pembangunan ini untuk kemajuan daerah," tutupnya. (bi/on)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru