Prestasi dan Kreativitas Lansia di Kabupaten Dharmasraya: Bantuan dan Penghargaan Kemensos Semarakkan Hari Lanjut Usia Nasional

  • Cetak

DHARMASRAYA, binews.id -- Kementerian Sosial menyelenggarakan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat tahun 2023, dengan tema "Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat, Kabupaten berpenduduk 228 ribu ini dipilih sebagai tuan rumah karena tingginya angka pernikahan siri pada lanjut usia.

Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat - Tahun 2023 menjadi momen yang istimewa bagi lanjut usia di Indonesia dengan diselenggarakannya peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang spektakuler oleh Kementerian Sosial. Kabupaten Dharmasraya dipilih sebagai tuan rumah untuk perayaan yang luar biasa ini, karena tingginya angka pernikahan siri pada lanjut usia di wilayah tersebut.

Dalam suasana yang penuh semangat, rangkaian acara HLUN ke-27 Tahun 2023 dimulai pada tanggal 1 hingga 28 Mei 2023. Bulan Mei pun diangkat sebagai Bulan Lansia, yang dipersembahkan khusus untuk menghormati dan memperhatikan lanjut usia. Namun, puncak dari perayaan HLUN ke-27 ini dirayakan dengan megah pada Senin, 29 Mei 2023, di Halaman kantor Bupati Dharmasraya, pulau Punjung.

Baca Juga

Acara puncak tersebut tak hanya dihadiri oleh Menteri Sosial, Tri Rismaharini, namun juga oleh jajaran Kemensos, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, dan berbagai undangan terkait lainnya. Semua hadir untuk bersama-sama mengapresiasi semangat dan peran penting para lanjut usia Indonesia dalam menjaga kemerdekaan, membangun negara, serta memajukan bangsa.

Sebagai implementasi dari Undang-Undang No. 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, peringatan HLUN tahun ini mengedepankan pembangunan kesos yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan lanjut usia. Dalam rangka ini, berbagai layanan dan bantuan disediakan untuk para lansia, mulai dari bantuan sosial, kesehatan, pemenuhan hak sipil, hingga penyuluhan terkait perawatan bagi lanjut usia.

Kemensos mengalokasikan total bantuan sebesar Rp23.894.912.692 untuk peringatan HLUN 2023 di seluruh kecamatan Kabupaten Dharmasraya. Salah satunya, Kecamatan Sitiung, yang mendapat perhatian khusus dengan total bantuan mencapai 1,2 miliar lebih. Bantuan ini akan disalurkan ke empat nagari, yaitu Nagari Sitiung, Nagari Siguntir, Nagari Gunung Medan, dan Nagari Sungai Duo.

Selain bantuan materi, peringatan HLUN juga menawarkan berbagai layanan pemenuhan hak sipil bagi lanjut usia. Mulai dari bakti sosial pelayanan kesehatan seperti operasi katarak, pemeriksaan kesehatan dasar seperti gula darah, tekanan darah, kolesterol, dan asam urat, hingga donor darah. Selain itu, layanan pemenuhan hak sipil juga meliputi pembuatan e-KTP lanjut usia, pembuatan akte kelahiran, pembuatan kartu keluarga, dan penyelesaian isbat nikah.

Bantuan sosial juga diberikan kepada lanjut usia, antara lain bantuan permakanan bagi lansia tunggal, program pemberdayaan ekonomi lansia, program sembako, program Keluarga Harapan, rumah sejahtera terpadu, dan bantuan aksesibilitas seperti kursi roda, kacamata, tongkat, walker, dan lainnya. Selain itu, terdapat juga bantuan sandang dan nutrisi, serta pembuatan taman lansia yang dilengkapi dengan fasilitas olahraga dan bercocok tanam dan lainnya.

Kegiatan lainnya meliputi pemberian penghargaan kepada lanjut usia dan individu, keluarga, serta kelompok yang telah berprestasi dan memberikan kontribusi dalam menangani isu-isu yang berkaitan dengan lanjut usia. Selain itu, ada juga pameran produk kreativitas lanjut usia, di mana mereka dapat menampilkan kerajinan tangan, lukisan, batik, dan hasil kreasi lainnya.

Selain itu, dilakukan juga bimbingan teknis mengenai perawatan lanjut usia kepada pendamping sosial, kader dasawisma, kader posyandu, dan kader posbindu. Penayangan video success story lanjut usia juga diselenggarakan, dan kampanye dilakukan melalui banner, spanduk, baliho, media elektronik, dan media cetak. Webinar mengenai kelanjutusiaan juga diselenggarakan untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat.

Bantuan yang diberikan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia untuk lanjut usia di Kabupaten Dharmasraya mencapai total Rp23.894.912.692. Bantuan ini termasuk bantuan khusus untuk Kecamatan Sitiung, dengan total bantuan sebesar lebih dari 1,2 miliar rupiah.

Secara rinci, bantuan ini dibagi untuk empat nagari, yaitu Nagari Sitiung, Nagari Siguntir, Nagari Gunung Medan, dan Nagari Sungai Duo. Nagari Sitiung dan Nagari Sungai Duo menerima 238 paket bantuan dengan total nominal 504.846.750 rupiah. Nagari Siguntur dan Nagari Sungai Duo menerima 284 paket bantuan dengan total nominal 454.684.000 rupiah. Nagari Gunung Medan dan Nagari Sungai Duo menerima 159 paket bantuan dengan total nominal 220.206.000 rupiah.

sementara untuk Kecamatan Sitiung paket perlengkapan kebersihan diri berjumlah 100 paket nominal 10.000.000 kemudian di tambahkan dengan paket alat sholat 427 paket perangkat sholat nominal 51.240.000 total bantuan utuk empat Nagari di Kecamatan Sitiung berjumlah 1.240.976.750 milyar. (san)

Komentar

Berita Terbaru