Bantuan Kemensos untuk Kecamatan Sitiung Dharmasraya Capai Rp1,2 Miliar

  • Cetak

DHARMASRAYA, binews.id -- Total bantuan Kementrian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia untuk Kecamatan Sitiung Rp1.240.976.750 miliar lebih pada Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang dipusatkan di Gedung Pertemuan Umum Kecamatan Sitiung (29/05).

Bantuan tersebut khusus untuk Kecamatan Sitiung terdiri dari empat Nagari di antaranya Nagari Sitiung Nagari Siguntur, Nagari Gunung Medan dan Nagari Sungai duo dengan total penerima bantuan untuk Lansia HLUN yang diberi tema Lansia Terawat Indonesia Bermartabat yang dipusatkan di Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat.

Sambutan Camat Sitiung Zuherdi,SH sampaikan ucapan terima kasih yang mendalam kepada Menteri Sosial, Tri Rismaharini beserta jajaran atas Bantuan yang diberikan kepada Lansia di Dharmasraya umumnya dan Kecamatan Sitiung Khususnya, semoga bantuan yang diberikan Menteri Sosial bermanfaat untuk lansia penerima manfaat. "Sehat semua... Apabila Lansia sehat negara kita akan bermartabat, sebab lansia yang harus diperhatikan khusus oleh pemerintah," kata Menteri Sosial RI mensupport Pemerintah Kabupaten Dharmasraya yang telah menjadi tuan rumah di Hari Lanjut Usia Nasional dan Tagana ini.

Baca Juga

"Semoga saja kegiatan ini berjalan dengan lancar, aman dan terkendali dari awal sampai akhir kegiatan dan bantuan yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Sosial RI bisa membantu para lansia karena Lansia di seluruh indonesia telah perhatikan khusus oleh pemerintah Pusat. Lansia Sehat Indonesia bermartabat," tuturnya.

Kepala Sentra Phalamartha di Sukabumi, Cup Santo, yang mewakili Kementerian Sosial RI, didampingi rekannya Kepala Sentra Satria di Baturaden, Darmanto, Plt.Kepala Sentra Meohai di Kendari, Sri Indrawati di hadapan media paparkan.

Hal ini disampaikan Sentra Kementerian Sosial RI Kepala Sentra Phalamartha di Sukabumi, Cup Santo, jauh sebelumnya dari kementrian telah mulai lakukan fase demi fase kegiatan di Kabupaten Dharmasraya. "Alhamdulillah sekarang kegiatan kita pada puncak kegiatan sudah hampir selesai sudah 90 persen kegiatan kita lakukan, hanya tinggal finishingnya," katanya.

Cup Santo pun tambahkan, semoga saja Lansia yang diberikan bantuan, berbahagia lah selalu, sehat dan panjang umur,dengan perhatian khusus yang diberikan pemerintah pusat melalui Menteri Sosial bertujuan untuk meliputi hak Sipil.

Cup Santo sampaikan kepada awak media, sementara kecamatan Sitiung Bantuan untuk Nagari Sitiung dan Nagari Sungai duo 238 paket bantuan nominal Rp504.846.750, untuk Nagari Siguntur dan Nagari Sungai Duo 284 paket nominal Rp454.684.000,nagari Gunung Medan dan Nagari Sungai duo 159 Paket nominal Rp220.206.000.

Sementara untuk Kecamatan Sitiung paket perlengkapan kebersihan diri berjumlah 100 paket nominal Rp10.000.000 kemudian ditambahkan dengan paket alat sholat 427 paket perangkat sholat nominal 51.240.000 total bantuan untuk empat Nagari di Kecamatan Sitiung berjumlah Rp1.240.976.750 miliar.

Layanan Pemenuhan Hak Sipil meliputi a) Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan (Operasi Katarak, b) Pemeriksaan Kesehatan Dasar (Gula Darah, Tekanan Darah, Kolesterol, Asam Urat); c) Donor Darah. Layanan Pemenuhan Hak Sipil: Pembuatan E-KTP Lanjut Usia; Pembuatan Akte Kelahiran; Pembuatan Kartu Keluarga; Isbat Nikah. Pemberian Bantuan Sosial: a) Bantuan Permakanan Bagi Lansia Tunggal; b) Program Pemberdayaan Ekonomi Lansia; c) Program Sembako; d) Program Keluarga Harapan; e) Rumah Sejahtera Terpadu; f) Pemberian Bantuan Aksesibilitas berupa Kursi Roda, Kacamata, Tongkat, Walker, dll. Layanan lainnya adalah Bantuan Sandang dan Nutrisi, pembuatan Taman Lansia (terdapat fasilitas olahraga, bercocok tanam, dll.).

Kegiatan lainnya adalah pemberian penghargaan kepada lanjut usia dan pihak-pihak yang telah berprestasi dan berkontribusi terhadap penanganan isu-isu kelanjutusiaan baik perorangan, keluarga dan kelompok. Kemudian pameran produk kreatifitas lanjut usia (kerajinan tangan, lukisan, batik, atau hasil kreasi lainnya).

Dilakukan pula bimbingan teknis perawatan lanjut usia kepada pendamping sosial, kader dasawisma.(san)

Komentar

Berita Terbaru