Sosialisasi Prodi Jurnalistik Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar ke MAN 3 Padang Pariaman

  • Cetak

PARIAMAN, binews.id -- Program Studi (Prodi) Jurnalistik Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar melakukan sosialisasi sekaligus pemberian materi mengenai penulisan berita 5W + 1H ke MAN 3 Padang Pariaman yang berlokasi di Jalan H. Azwar Wahid, Nagari III Koto Aur Malintang Selatan, Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat pada Kamis (25/5/2023).

Kegiatan ini dilakukan oleh tiga Dosen Jurnalistik Islam yaitu Oktri Permata Lani, M.I.Kom, Novrizon Marzal, M.I.Kom dan Syafriwaldi, S.Sos.I.,MA. Selain itu ada lima mahasiswa Jurnalistik Islam yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

"Sekarang merupakan era internet, semua orang memiliki ponsel, informasi apapun beredar di internet. Namun kita perlu mengetahui bagaimana membuat sebuah informasi yaitu berita yang baik dan sesuai dengan kaidah jurnalistik, maka dari itu kedatangan kami kesini selain untuk memperkenalkan Prodi Jurnalistik Islam juga untuk membagi ilmu kepada adik-adik MAN 3 Padang Pariaman tentang bagaimana menulis berita yang sesuai dengan kaidah jurnalistik," ujar Novrizon Marzal, M.I.Kom.

Baca Juga

Kedatangan tim Sosialisasi Prodi Jurnalistik Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar juga disambut hangat oleh sekolah. Witri Yeni Murni, SPd. selaku Wakil Kepala bagian Kurikulum juga menyampaikan ucapan terima kasih.

"Kami berterima kasih kepada Prodi Jurnalistik Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar, sudah datang ke sekolah kami ini. Semoga nantinya siswa-siswi disini bisa mengambil hikmah dan manfaat dari kedatangan tim sosialisasi Prodi Jurnalistik Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar," ucap Witri Yeni Murni, SPd.

Selain itu Kaur TU MAN 3 Padang Pariaman, Rendra, S.Kom.,MM. juga turut mengungkapkan kebahagiaannya karena kedatangan tim sosialisasi Prodi Jurnalistik Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

"Kami sangat bahagia sekali karena tim sosialisasi Prodi Jurnalistik Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar bersedia datang ke sekolah kami yang kecil ini, dan juga bersedia membekali ilmu jurnalistik kepada anak-anak kami. Karena kami sangat berharap anak-anak kami ini mampu menulis berita dengan baik dan benar sehingga sesuai dengan keinginan kami selama ini," terang Rendra, S.Kom.,MM.

Sosialisasi ini diikuti oleh siswa-siswi MAN 3 Padang Pariaman kelas 11 berjumlah 35 orang yang terdiri dari 3 Jurusan yaitu IPA, IPS dan IIA (Keagamaan). Dalam sosialisasi tersebut, selain pengenalan Prodi Jurnalistik Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar, pemberian materi terkait jurnalistik juga dilakukan oleh tim sosialisasi kepada siswa-siswi MAN 3 Padang Pariaman, yaitu mengenai penulisan berita 5W + 1H. Siswa-siswi juga tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut, terutama ketika praktek penulisan berita dengan 5W + 1H.

"Kami senang sekali kedatangan kakak-kakak dari Jurnalistik Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar, seru berkenalan dan bercerita bersama kakak-kakak dan juga terima kasih atas ilmu mengenai bagaimana cara menulis berita 5W + 1H," ungkap Azriel, salah satu siswa MAN 3 Padang Pariaman.

Kegiatan ini diawali dengan kedatangan tim sosialisasi Prodi Jurnalistik Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar ke MAN 3 Padang Pariaman. Kedatangan tim sosialisasi disambut oleh Waka Kurikulum dan Kaur TU MAN 3 Padang Pariaman. Kemudian kegiatan sosialisasi dan pemberian materi dilaksanakan di satu kelas yang diikuti oleh siswa dari 3 Jurusan dimulai dari pukul 13.30 - 15.00 WIB. (bi)

Komentar

Berita Terbaru