Bupati Safaruddin Lepas Secara Resmi 306 Calon Haji Asal Lima Puluh Kota

Pemerintahan-85 hit

LIMA PULUH KOTA - Labbaik Allahumma, Labbaik. Labaika Laa Syarika Laka Labbaik. Lantunan Talbiyah bergema di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota, Sarilamak, Selasa, (23/05/2023). Suasana bahagia dan haru biru terpancar dari wajah ke-306 Calon Jemah Haji (Calhaj) asal Kabupaten Limapuluh Kota kelompok terbang (kloter) V, Embarkasi Padang, Sumatera Barat.

Betapa tidak, 306 Calhaj yang berasal dari Kabupaten Limapuluh Kota akan berangkat ke tanah suci tahun 2023. Kebahagiaan mereka semakin lengkap tak kala Bupati Limapuluh Kota Safarudddin Dt.Bandaro Rajo secara resmi melepas para calon jemaah haji.

Acara pelepasan dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Limapuluh Kota Irwan, unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Nevi Safarudddin, Ketua MUI Limapuluh Kota Asrat Chan, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota.

Baca Juga

Bupati Safaruddin dalam sambutannya meminta para jemaah untuk mempersiapkan segala sesuatunya, baik bekal materi maupun bekal taqwa. "Mari kita memantapkan hati, satukan niat dalam melaksanakan rangkaian ibadah. Hindari perkataan kotor, berselisih faham, jauhi sifat sombong, iri dan dengki, tidak kikir tetapi jangan boros," ujar Bupati Safaruddin saat memberi sambutannya di depan Calhaj.

Bupati Safaruddin mengucapkan terimakasih kepada Kemenag Kabupaten Lima Puluh Kota serta para pembimbing haji yang telah membimbing manasik calon jamaah haji. "Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota mengucapkan selamat melaksanakan rangkaian ibadah haji. Mudah-mudahan di perjalanan diberikan kemudahan dalam menunaikan beribadah," ucap Bupati Safaruddin.

Di bagian lain,kepada Calon Jama'ah Haji, Ia juga meminta do'a kepada para calon jamaah haji agar masyarakat Lima Puluh Kota yang ditinggalkan semoga diberi keselamatan untuk semuanya serta meminta do'a agar Pemerintah Limapuluh Kota agar istiqamah menjalankan tugasnya dalam melayani masyarakat.

"Jaga nama baik Bangsa Indonesia, khususnya Provinsi Sumatera Barat dan Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota yang kita Saya juga berharap selama di Tanah Suci kepada Jemaah untuk menjaga nama baik bangsa Indonesia, khususnya Sumatera Barat dan Kabupaten Limapuluh Kota. Kami berharap kepada petugas yang diamanahkan mendampingi dan mengurus keperluan Jemaah Haji untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya", tutup Bupati Safaruddin.

Sementara itu, Kakan Kemenag Irwan menyampaikan bahwa tahun ini Jemaah Calon Haji Limapuluh Kota berjumlah 306 jamaah terdiri dari laki-laki 116 dan 190 perempuan. Seterusnya ia menyampaikan bahwa Jemaah calon haji yang berangkat tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 131 Calhaj. "Dari 306 Calhaj, usia 60 tahun kebawah berada di angka 35 persen, sementara itu, untuk usia 60 tahun keatas sebesar 65 persen, dan untuk Calhaj termuda Muhammad Fadel Muzammil dengan usia 22 tahun, Untuk Calhaj tertua bernama Samsidar dengan usia 87 tahun," jelas Irwan.

Kemudian Irwan mengingatkan kepada para calon jamaah haji agar selalu menjaga kesehatan serta meminta komitmen dari calon Jemaah berniat ikhlas untuk melaksanakan ibadah haji, sehingga pelaksanaan haji dapat dijalankan dengan tenang. (Ly)

Komentar

Berita Terbaru