Menkopolhukam Dorong Hari Keterbukaan Informasi 30 April sebagai Kalender Libur Nasional

  • Cetak

PEKANBARU, binews.id -- Dalam memperingati Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN) 2023 yang digelar di Kampar Provinsi Riau, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI - Prof. Mahfud MD. hadir menjadi pembuka acara HKIN sekaligus Duta Keterbukaan Informasi Nasional, di Hotel Labersa, Kampar, Riau, Rabu (17/5)

Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Doni Yoesgiantoro berharap HKIN bisa ditetapkan sebagai hari libur nasional dengan keputusan Presiden.

"Pada kesempatan ini saya berharap Pak Menkopolhukam bisa mewujudkan keinginan kita bersama menetapkan tanggal 30 April sebagai hari libur nasional , Hari Keterbukaan Informasi Nasional dengan keputusan Presiden," ucap Donny.

Baca Juga

Menanggapi hal tersebut, Menkopolhukam mengatakan akan mengajak Kementerian Kominfo sangat mendukung dan segera berjanji akan menindaklanjuti usulan tersebut dengan mengajukan prakarsa izin kepada Presiden RI.

"Saya rasa kehadiran saya saat ini merupakan moment yang sangat pas dalam membantu mewujudkan penetapan HKIN tanggal 30 April sebagai hari libur nasional. Melalui kewenangan yang saya miliki, saya akan mencoba mengkoordinasikan dengan Presiden RI," kata Prof. Mahfud MD yang saat itu juga ditetapkan sebagai Duta Keterbukaan Informasi Nasional.

Selain itu dalam sambutannya, Mahfud juga berharap HKIN sebagai momen menghargai nilai-nilai demokrasi dan transparansi di dalam tata kelola pemerintahan, sekaligus mengingatkan pentingnya akses informasi yang akurat dan mudah diakses publik, karena informasi adalah pondasi demokrasi meyakinkan partisipasi publik yang lebih luas dalam pengambilan keputusan. (bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru