Wako Erman Safar Buka Pelatihan Manajemen Bagi Pelaku Usaha Mikro se Kecamatan Guguak Panjang

  • Cetak

BUKITTINGGI - Pelaku UMKM di Kecamatan Guguak Panjang mendapat pelatihan managemen dati Pemko Bukittjnggi melalui Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja.

Pelatihan manajemen bagi pelaku usaha mikro se Kecamatan Guguak Panjang itu, merupakan Angkatan I, dilaksanakan di salah satu hotel di Bukittinggi , Selasa (09/05).

Pada kesempatan itu, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, mengatakan, pelatihan kewirausahaan bagi usaha mikro yang dilaksanakan pada hari ini merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha mikro di Kecamatan Guguk Panjang.

Baca Juga

Menurut Wako Erman Safar, Kegiatan ini menjadi salah satu upaya pemerintah untuk menanggulangi pengangguran

"Perkembangan UMKM kita, memiliki banyak kendala. Hal ini tercermin dari kurang berkembangnya usaha yang dilakoni oleh pelaku usaha walaupun usahanya sudah lama berdiri. Produktivitas serta daya saing produk yang dihasilkan masih terbatas pada lingkungan dimana UMKM banyak berada belum mampu menembus pasar yang luas. Gagap teknologi masih mendominasi sebagian UMKM kita sehingga tidak bisa memenuhi selera pasar yang selalu berubah," ujar Erman.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah akan berusaha terwujudnya iklim berusaha yang kondusif, kebijakan- kebijakan yang berpihak kepada UMKM seperti subsidi bunga melalui Tabungan Utsman dan pelatihan-pelatihan seperti yang akan dilaksanakan saat ini.

"Kita selalu berusaha agar UMKM Bukittinggi lebih profesional, mandiri dan memiliki daya saing, baik di tingkat nasional maupun internasional. Jangan sampai kita hanya jadi penonton di negeri sendiri, tetapi kita bertekad untuk menjadikan produk UMKM Bukittinggi," tegas Wako.

(Ma)

Komentar

Berita Terbaru