KA Sibinuang Dominasi Angkutan Lebaran di Transportasi Kereta Api Divre II Sumbar

  • Cetak

PADANG, binews.id -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre 2 Sumbar mengangkut 116.718 pelanggan pada periode H-10 s.d H+10 Lebaran atau 12 April s.d 3 Mei 2023, yang terdiri dari KA Sibinuang: 86.148 penumpang, Minangkabau Ekspres: 22.226 penumpang, dan Lembah Anai: 8.354 penumpang.

Jumlah ini naik 43% dibandingkan pada periode Angkutan Lebaran 2022, serta mencapai 114% jika dibandingkan dengan program yang telah ditetapkan sebanyak 101.798 pelanggan.

Selama Angkutan Lebaran 2023, KAI Divre II Sumbar mengoperasikan rata-rata 26 KA per hari. Adapun On Time Performance kereta api selama Angkutan Lebaran 2023 mencapai target yang ditentukan yakni 100%. Pencapaian ketepatan waktu kereta api yang sangat bagus tersebut dipengaruhi oleh semakin membaiknya program perencanaan Angkutan Lebaran 2023 serta peningkatan kinerja operasional.

Baca Juga

Puncak volume pelanggan terjadi pada H+7 sebanyak 8.291 pelanggan. Rute favorit pelanggan yaitu Padang - Pariaman pp, Padang -- Bandara Internasional Minangkabau pp, dan Padang - Kayutanam pulang dan pergi.

"Pencapaian tersebut tidak bisa dilakukan tanpa adanya kolaborasi, sinergi, dan kerja sama yang harmonis dari seluruh jajaran Divre II Sumbar, dengan semangat gotong royong memberikan pelayanan dengan kualitas yang lebih baik dari tahun-tahun yang sebelumnya," kata Vice President PT KAI (Persero) Divre II Sumbar Sofan Hidayah.

Sofan mengatakan, KAI akan melakukan perbaikan-perbaikan di berbagai bidang seperti sarana, prasarana, pelayanan, dan utamanya keselamatan dari evaluasi yang dilakukan setiap hari selama posko Angkutan Lebaran 2023. Hal ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan diri untuk Angkutan Natal dan Tahun Baru di akhir tahun ini maupun angkutan Lebaran di tahun depan.

Pasca Angkutan Lebaran 2023 ini, KAI Divre II Sumbar terus meningkatkan kualitas pelayanan dan keandalan seluruh sarana dan prasarana, termasuk penanganan-penanganan dalam kondisi yang darurat. KAI juga menyampaikan apresiasi kepada para pelanggan atas kepercayaannya menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan pada Angkutan Lebaran 2023.

"Terima kasih atas kerja sama seluruh stakehokders yang telah memberikan dukungan, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, serta anggota komunitas pecinta KA, dan utamanya kepada masyarakat yang telah tertib melakukan perjalanan mudik dan balik. Sehingga Angkutan Lebaran tahun ini berjalan dengan lancar, aman, dan berkesan," tutup Sofan. (bi)

Komentar

Berita Terbaru