Saleh, Wali Nagari Simalidu Dharmasraya Bertekad Bangun Nagari dengan Pendekatan Seluruh Lini Masyarakat

  • Cetak

DHARMASRAYA, binews.id -- Saleh, Wali Nagari Simalidu, Kecamatan Koto Salak, Kabupaten Dharmasraya, berkeinginan kuat untuk membanggun nagari lebih baik lagi melalui pendekatan dengan seluruh lini masyarakat dan pihak-pihak terkait.

Setelah memenangkan Pilwana pada tahun 2022 lalu, belum berumur 3 bulan Saleh yang di dampingi Sekretaris Nagari Mulyanto, SP sudah mulai merancang pembanggunan di seluruh sisi seperti, pelebaran jalan kabupaten menuju kantor nagari, jalan yang masih sempit akan di perlebar, pembanggunan los pasar, tempat wisata dan sebagainya.

Gebrakan yang dilakukan wali nagari bersama perangkat adalah bentuk tanggung jawab dan cinta peduli yang diberikan kepada nagari. "Insya Allah, kami sudah adakan pendekatan persuasif dengan pimpinan dalam hal ini tentunya pemerintahan daerah. Walau pun hanya lewat lisan saya sudah sampaikan kepada bapak bupati untuk pelebaran jalan kabupaten menuju kantor Wali Nagari Simalidu, semoga saja terwujud," katanya.

Baca Juga

Pelebaran jalan menuju kantor pemerintahan nagari yang masih sempit akan membuat akses jalan kurang lancar, oleh sebabnya selaku ujung tombak pemerintahan terdepan di nagari, akan berupaya semaksimalnya untuk memajukan Nagari Tekuk Saleh.

Kemudian Saleh pun tambahkan akan membangun tempat bermain dan tempat betistirahat di pingir irigasi, karena jarak jalan dengan irigasi sekunder sangat lah luas.

"Nah, ini dari pada tidak di mamfaatkan maka akan kita bikin pondok-pondok kecil untuk masyarakat berdagang. Akan kita pungut biaya bagi yang mau jualan di sana. Sebelumnya kita akan buatkan dulu peraturan nagarinya, supaya pungutan nantinya bisa manambah Pendapatan Asli Nagari (PAN)," ujarnya.

Bahkan Saleh pun akan memperbaiki pasar rakyat yang sudah sejak lama tidak pernah di perbaiki. Jadi, akan mencarikan anggaran pembanggunan Los Pasar di Nagari Simalidu, karena pasar rakyat adalah tempat masyarakat berbelanja supaya lebih bagus lagi dan tertata melaui instansi terkait seperti Dinas Koperdag Kabupaten Dharmasraya. "Kami pun telah melakukan komunikasi lisan kepada Koperdag untuk langkah awal untuk bekerja maksimal membanggun nagari yang kami cintai," katanya.

Terakhir Saleh pun sampaikan ke wartawan binews.id bahwa tekat beliau maju untuk menjadi Wali Nagari Simalidu bukan untuk mencari kesenangan atau nama belaka. "Saya sudah bertekat sekuat kemampuan untuk terus berbenah membanggun nagari bersama masyarakat tidak berhasil tanpa diawali dengan doa kebersamaan dan keihklasan," tutup Saleh.(San)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru