Festival Adat Budaya Nusantara III Sumatera Barat Digelar Akhir Mei 2023

  • Cetak
PADANG, binews.id --

Ratusan Raja, Sultan, Datu, Penglingsir dari Kerajaan kerajaan di Indonesia (Nusantara), akan datang ke Sumatera Barat dalam rangka menghadiri event nasional Festival Adat Budaya Nusantara III Sumatera Barat, yang diselenggarakan oleh Matra bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Pemko Padang, Bukittinggi dan Padang Panjang.

Matra atau Masyarakat Adat Nusantara, sebuah organisasi nasional resmi dan memiliki legalitas hukum formal sesuai undang undang yang berlaku di Republik Indonesia, yang berbasis kepada masyarakat adat dan budaya Nusantara, dan didukung oleh Kerajaan kerajaan yang ada di Nusantara mulai dari Aceh sampai Papua di belahan timur Nusantara.

Acara yang menurut rencana akan diselenggarakan pada tanggal 26 Mei 2023 sampai dengan 31 Mei 2023, yang akan dipusatkan di Kota Padang dan Bukittinggi serta juga Kota Padang Panjang ini, juga dihadiri oleh beberapa lembaga adat dan Kepala Suku dari berbagai daerah di Nusantara

Baca Juga

Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Panitia Penyelenggara, KPH. H. Sutan Muhammad Yusuf Tuanku Mudo Rajo Disambah Adityadiningrat, "Festival Adat Budaya Nusantara ini atau dikenal dengan FABN, adalah salah satu event tahunan produk dari MATRA, yang diselenggarakan diberbagai tempat atau daerah di Nusantara ini."

Sutan Muhammad Yusuf yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum 1 DPP Matra, menambahkan event FABN ini adalah juga sebagai bentuk kepedulian Matra dalam rangka mempertahankan dan merawat adat budaya Nusantara agar generasi selanjutnya tidak kehilangan identitas adat budayanya baik secara adat budaya Nusantara (Nasional) maupun dalam skala lebih kecil atau adat budaya lokal masing masing, dimana adat budaya budaya kita yang ciptakan oleh leluhur kita mengandung nilai nilai adi luhur yang sangat tinggi.

Selain itu, event tahunan ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi Raja Raja, Sultan Datu, Penglingsir, Pemangku Adat, Pimpinan Lembaga Adat dan Kepala Kepala Suku yang hadir pada saat itu.

Pada event FABN II Desember 2022 yang lalu di Jawa Tengah, tidak kurang dari 264 Kerajaan, Lembaga Adat dan Kepala Suku dari seluruh Nusantara yang hadir dan ditambah partisipasi dari negara negara sahabat, sehingga jumlah total partisipan FABN II 2022 mencapai 1000 orang

Tidak lupa Sutan Muhammad Yusuf yang juga salah satu Pangeran atau Tuanku Mudo dari Istana Silinduang Bulan Pagaruyung ini, menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang mendukung dan merespon FABN III Sumatera Barat 2023 ini, yang digagas pertama kali oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, ditengah penyelenggaraan event FABN I di Bali Agustus 2022 yang lalu (karena alasan pandemi covid 19, maka event FABN 1 & 2 diselenggarakan pada tahun yang sama)

Pada kesempatan lain, Sekretaris Panitia Penyelenggara Dr. Ir. Feri Arlius,. M.Sc. Datuak Sipado, menambahkan, pada FABN III Sumbar ini, MATRA akan mempersembahkan sebuah pagelaran seni budaya nusantara yang spektakuler, didukung oleh tata panggung, lighting dan sound system modern serta multi media canggih lainnya didepan para Raja Sultan dan tamu undangan lainnya.

Sehubungan dengan tempat penyelenggaraan FABN III Sumater Barat 2023 ini di bumi Minangkabau, tentunya adat dan budaya Minangkabau mendapat porsi yang lebih banyak.

Dr. Ir. Feri Arlius atau Pak Datuak Sipado panggilan akrab sehari hari beliau yang juga sebagai Ketua Harian DPW MATRA SUMBAR, menambahkan MATRA akan menyiapkan panggung hiburan gratis untuk masyarakat umum yang dipusatkan disekitar Jam Gadang Bukittinggi, yang akan di isi oleh artis dari luar negeri seperti: Malaysia (full band), Thailand, Indonesia (Jakarta) dan pastinya juga artis artis dari Sumatera Barat sendiri. (bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru