Positif Covid-19 di Sumbar Tunjukkan Penurunan

PADANG, binews.id --Beberapa hari belakangan, penambahan pasien Covid-19 di Sumbar menunjukkan penurunan. Bahkan dari ratusan sampel yang dites swab penambahan semenjak Kamis lalu tak mencapai puluhan. Bahkan per Jumat (22/5), ini hanya dua pasien positif Covid-19 yang terkonfirmasi.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, total sampai hari ini telah 438 orang Warga Sumbar terinfeksi covid-19. Terjadi penambahan 2 orang lagi. Sembuh bertambah 5 orang, sehingga total sembuh 157 orang dan meninggal bertambah 1 orang sehingga total meninggal menjadi 24 orang.

"Sejak kemaren sampai subuh dini hari tadi, berdasarkan hasil swab test laboratorium fakultas kedokteran UNAND yang dipimpin oleh Dr. dr. Andani Eka Putra, M. Sc dan Balai Veteriner Bukittinggi, telah 1073 sample swab diperiksa. Hal ini merupakan prestasi luar biasa, dan mendapatkan apresiasi dari Balitbang Kemenkes RI, karena dengan sample sebanyak itu, kita telah menjadi pemeriksa sample nomor 1 terbanyak di Indonesia," ungkap Jasman.

Baca Juga

Pertambahan sebanyak 2 orang warga Sumbar positif terinfeksi covid-19 hari ini, yaitu berasal dari Kabupaten Dharmasraya, Wanita 34 th, warga Pulau Punjuang, pekerjaan tenaga kesehatan, diduga terpapar dari tempat kerja, penanganan isolasi mandiri sementara. Dan Pria 36 th, warga Pulau Punjuang, pekerjaan wiraswasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

Sementara itu, pasien sembuh terjadi penambahan sebanyak 5 orang dengan rincian:

1. Pria 38 th, warga Kuranji Kota Padang, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUP Dr. M. Djamil Padang

2. Wanita 17 th, warga Andaleh Kota Padang, ststus pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital.

3. Pria 58 th, warga Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi.

4. Wanita 60 th, warga Mato Aia Kota Padang, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.

5. Wanita 26 th, warga Pauah Kota Padang, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan spesimen darah kasus Covid-19 di M. Djamil, pasien RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Pasien meninggal 1 orang, Pria 59 th, warga Lubuak Kilangan Kota Padang, pekerjaan petani, pasien RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Dengan demikian total yang telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat sampai hari ini Jum'at 22 Mei 2020 adalah 438 orang, dengan rincian 135 orang dirawat di berbagai Rumah Sakit, isolasi mandiri 38 orang, isolasi daerah 3 orang, Bapelkes 11 orang dan di BPSDM 59 orang, BPP Padang 11 orang, meninggal dunia 24 orang dan sembuh 157 orang.

Total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 9.012 orang. Proses pemantauan 172 orang, dengan rincian karantina Pemda 27 orang dan 145 orang isolasi mandiri. Selesai pemantauan 8.840 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 840 orang. Dari 840 PDP tersebut, 55 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Dinyatakan negatif, pulang dan sehat sebanyak 785 orang. (Mel)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru