Kapolda Sumatera Barat Memberikan Kuliah Umum di Universitas Negeri Padang

  • Cetak

PADANG, binews.id -- Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, SIK, SH memberikan kuliah umum kepada Mahasiswa Universitas Negeri Padang, Kamis (2/2/2023) di Auditorium UNP Padang.

Kuliah Umum dengan tema "Kerja Sama Kepolisian dan Perguruan Tinggi dalam Penanaman Nilai-Nilai Toleransi untuk Melawan Radikalisme".

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D., Direktur Intelkam Polda Sumatera Barat Kombespol. Yanuar Widianto, SIK, Dir Binmas Polda Sumbar Kombespol Drs. Johni Soeroto, Kabidhumas Kapolda Sumbar. Dwi Sulistyawan, SIK, M.Si, perwakilan dekan fakultas UNP, Ketua dan Sekretaris Pembina, Senat Akademik, Wakil Rektor, dosen dan mahasiswa serta tamu lainnya.

Baca Juga

Di awal kuliah umum, Kapolda Sumbar memberikan motivasi kepada para mahasiswa, bahwa hasil tidak pernah menghianati proses dan proses tidak pernah menghianati hasil.

"Kesuksesan itu merupakan awal dari langkah hidup menuju apa yang akan kita capai," jelas Kapolda Irjen Pol Suharyono.

"Saya yakin dengan modal dasar kemampuan intelektual, integritas moral dan kemampuan fisik para mahasiswa yang lebih muda dapat melanjutkan pendidikannya di Universitas Negeri Padang dengan baik dan tepat waktu dan insyaallah mereka akan dapat melanjutkan apa yang mereka cita-citakan, katanya, orang nomor satu di Polda Sumut itu.

Irjen Pol Suharyono melanjutkan, keamanan dan ketertiban masyarakat merupakan bagian dari tugas pokok Polri sesuai UU nomor 2 tahun 2022, Polri memiliki tugas pokok Harkamtibmas, penegakan hukum dan mengayomi, melayani dan mengayomi masyarakat.

Keamanan mengandung empat unsur penting, pertama security (bebas dari rasa takut dan khawatir), surety (keyakinan dan kepastian hukum), safety (kenyamanan), kedamaian, (perasaan tenteram dan damai), jika keempatnya sudah ada di dalam hati kita, di keluarga kami, dan di kampus kami, di komunitas tempat kami tinggal, maka dari arti keamanan, artinya keamanan secara keseluruhan.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Sumbar juga menyampaikan, rekan-rekan mahasiswa yang merasa sukses, berarti ada optimisme untuk masa depan, kesuksesan itu jangan dijadikan kepuasan, karena kepuasan itu justru awal dari kebodohan, awal dari kesombongan, karena di depan kita masih banyak kesuksesan yang akan kita dapatkan"Seribu satu kata diucapkan dengan sia-sia, tanpa satu perbuatan pun menjadi contoh," kata Kapolda Sumbar.(bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru