Padang Bergoro III: Semen Padang Betonisasi Jalan Gaduik Ketek Limau Manis Selatan Sepanjang 1 KM

  • Cetak

PADANG, binews.id -- PT Semen Padang kembali membuktikan dedikasinya pada warga sekitar lingkungan perusahaan. Kali ini, jajaran Staff CSR PT Semen Padang yang dipimpin Kepala Unit, Rinold Thamrin, mengikuti aksi goro bersama warga Bukit Gaduik, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Minggu (29/1) pagi.

Dalam aksi Padang Bergoro ini, staf-staf di Unit CSR/TJSL, saling bahu membahu bersama warga untuk membuka akses jalan Gaduik Ketek sepanjang 1 km. Proses betonisasi yang didukung penuh PT Semen Padang melalui kolaborasi bersama masyarakat, juga diikuti oleh anggota Komisi II DPRD Kota Padang, Rafdi yang juga merupakan putra Pauh.

Salah seorang warga kelompok peladang Gaduik Ketek yang ikut dalam aksi goro, Jhony Afzet, mengucapkan terimakasih atas dukungan dan partisipasi PT Semen Padang untuk mendukung proses betonisasi jalan Gaduik Ketek ini. Menurutnya, dengan kebersamaan antara warga dan PT Semen Padang, betonisasi jalan bisa terwujud.

Baca Juga

"Kami sangat bersyukur dan berterimakasih atas dukungan dari PT Semen Padang untuk membetonisasi jalan ini yang sebelumnya sudah dirintis para peladang, namun hanya sebatas jalan tanah dan sekarang dilanjutkan dengan dukungan PT Semen Padang melalui betonisasi jalan," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa akses jalan ini sangat dibutuhkan warga yang akan menuju ladangnya. Karena selama ini, para para peladang harus melewati jalan berlumpur ketika hujan dan tidak bisa diakses oleh kendaraan apa pun.

"Kalau tidak berlumpur, kami para peladang bisa membawa sepeda motor menuju areal ladang kami. Tapi kalau hujan jalan ini berlumpur, sehingga sering kali kami meninggalkan sepeda motor dipinggir jalan," ujarnya.

Bukit Gaduik Ketek ini merupakan kawasan ladang yang dikelola oleh hampir 30 KK di Kelurahan Limau Manis, dengan jenis tanaman Durian dan Manggis. Untuk membangun jalan sepanjang 1 KM, warga membutuhkan bantuan 1000 zak semen. Sementara untuk tambahan materioal lainnya, warga berpartisipasi menyumbang sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Salah Seorang tokoh masyarakat Pauh, Rafdi mengatakan, untuk melakukan betonisasi jalan ini, warga bergotong royong setiap hari Sabtu dan Minggu. Ia pun merasa bersyukur, karena tidak pernah terbayangkan sebelumnya jalan ini akan dibetonisasi oleh PT Semen Padang, sama seperti jalan menuju Bukit Aua dan Bukit Nabu yang sebelumnya sudah dibetonisasi oleh PT Semen Padang melalui program TJSL-nya.

Untuk itu, Ia berharap kepada warga untuk dapat terus mendukung keberadaan dan eksistensi PT Semen Padang, agar dapat terus memberikan manfaat yang lebih lagi bagi masyarakat. "Kita bersyukur atas pembukaan jalan ini, karena tak pernah terbayangkan sebelumnya," kata Rafdi.

Betonisasi jalan Gaduik Ketek ini, lanjut Rafdi, adalah motivasi dari goro sebelumnya di Bukit Nabu dan Bukit Aua. "Dan, tentunya mewakili masyarakat, saya pun mengapresiasi PT Semen Padang yang selalu memberikan apa yang dibutuhkan dan peduli pada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang, yang diwakili Kepala Unit CSR, Rinold Thamrin berharap, dengan kehadiran langsung dan ikut sertanya Staff PT Semen Padang dalam kegiatan goro betonisasi jalan Gaduik Ketek ini, masyarakat dapat terus merasakan keberadaan PT Semen Padang ada ditengah masyarakat.

Menurutnya, jalan yang dibetonisasi kali ini merupakan jalur yang prioritas bagi para petani. PT Semen Padang akan terus mendukung pembangunan akses-akses jalan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, meski secara bertahap.

Manajemen PT Semen Padang dalam beberapa tahun ini, sangat komit untuk membantu masyarakat. Kami pun berharap sampai Maret atau sebelum puasa, jalan ini selesai dibetonisasi. Dan tentunya, semangat gotong royong warga yang sangat luar biasa, membuat kami tersentuh dan turut dalam proses pengerjaan jalan ini," kata Rinold. (bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru