Timnas Garuda Wajib Lakukan Ini Saat Jumpa Filipina Sore Nanti

  • Cetak
JAKARTA, binews.id --

Head to head (H2H) Filipina vs Indonesia jelang jadwal matchday terakhir fase grup Piala AFF 2022 menunjukkan keunggulan tim tamu. Tak hanya lebih baik di klasemen, Garuda juga mempunyai produktivitas gol serta pertahanan yang lebih solid ketimbang The Azkals.

Pertandingan Filipina vs Indonesia diagendakan pada Senin, 2 Januari 2022, mulai pukul 19.30 WIB. Jalannya laga di Stadion Rizal Memorial, Manila, dapat disaksikan melalui siaran langsung maupun live streaming gratis di RCTI.

Saat ini Timnas Indonesia menempati peringkat 2 klasemen Grup A Piala AFF 2022, dengan koleksi 7 poin dari 3 laga. Garuda memiliki jumlah poin yang sama dengan Thailand di posisi teratas, tapi kalah selisih gol.

Baca Juga

Di sisi lain, Timnas Filipina dipastikan gagal melaju ke babak semifinal Piala AFF 2022, lantaran baru mengumpumpulkan 3 poin dari 3 laga. Dengan 1 laga tersisa, The Azkals sudah tidak bisa menggeser posisi Indonesia dan Thailand, meski menang di laga terakhir.

Dalam 3 laga yang sudah dilakoni di Piala AFF 2022, Timnas Filipina berhasil mencetak 7 gol namun kebobolan 8 kali. The Azkals belum pernah mencatat clean sheet, mereka juga kebobola saat menghadapi tim juru kunci Brunei Darussalam dengan kemenangan 5-1. Performa tersebut akan coba diperbaiki Filipina ketika menjamu Indonesia, Senin (2/1/2023) besok.

Meski tidak mudah, tapi The Azkals tetap punya peluang, terutama jika melihat tren penampilan penggawa Timnas Indonesia yang kerap gagal mengkonversikan peluang matang menjadi gol. Meski di atas kertas sudah mencetak 10 gol dalam 3 laga, tapi secara umum penampilan lini depan Timnas Indonesia belum memuaskan.

Ketika berjumpa Thailand, Witan Sulaeman dan kawan-kawan terlihat beberapa kali gagal memanfaatkan peluang emas. Fenoma ini tak hanya terjadi saat berjumpa Thailand. Pasalnya ketika menang 0-7 dalam laga away kontra Brunei, Skuad Garuda setidaknya juga punya 4 peluang yang gagal berbuah gol.

Salah satunya sepakan melambung Hansamu Yama di depan gawang lawan yang kosong. Salah satu penggawa naturalisasi milik Indonesia, Ilija Spasojevic, mengungkapkan timnya harus bisa bermain klinis ketika berjumpa Filipina. Pasalnya jumlah gol yang dicetak bisa berpengaruh terhadap klasemen akhir di Grup A.

"Semua pemain harus siap saat mendapat peluang di depan gawang. Saat ini kami belum lolos, dan butuh kemenangan besar untuk menjadi juara grup," kata Ilija Spasojevic, dikutip dari Antara.

Menghadapi Filipina di kandang lawan jelas tidak mudah bagi Indonesia. Terlebih, dalam 3 pertemuan terakhir Garuda selalu gagal menumbangkan The Azkals, termasuk kalah 0-4 saat Piala AFF 2014. (bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru