Petani Maksimalkan Pola Tanam Serentak

  • Cetak

PESISIR SELATAN,binews.id -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat melalui Dinas Pertanian mendorong petani agar memaksimalkanpola tanam padi serentak untuk meningkatkan produksi sertadalam rangka mewujudkan swasembada pangan tahun mendatang. Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pesisir Selatan, Mardianto didampingi Kabid Hortikultura, Yeni Gusti, Rabu (7/12) di Painan.

Menurut Mardianto lagi, saat ini rata-rata musim tanam di Kabupaten Pesisir Selatan dua kali dalam satu tahun. "Pola tanam padi serentak banyak manfaatnya. Selain untuk meningkatkan produksi juga dapat meringankan biaya produksi," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, petani di daerah ini juga didorong meningkatkan produktivitas pertanian. Langkah itu bukan hanya dilakukan melalui peningkatan kapasitas dan sumber daya manusia (SDM) petani, tapi juga melalui berbagai program, salah satunya bantuan alat mesin pertanian (Alsintan).

Baca Juga

Menurutnya, pemkab melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan tetap mentargetkan peningkatan produksi padi, terutama pada lahan yang memiliki jaringan irigasi yang airnya terjamin. Tentunya, melalui penyediaan bibit unggul serta melalui penerapan teknologi pertanian.

Ia mengatakan, menjamin ketersediaan stok pangan, tidak hanya dilakukan melalui peningkatan produksi padi, tapi lebih penting kebiasaan masyarakat menjual habis hasil panen bisa dihilangkan.

"Saya meminta petani agar tidak menjual habis hasil panen. Sisihkan sebagian untuk konsumsi agar ketersediaan pangan tetap terjaga. Hal itu hendaknya terus disosialisasikan oleh petugas di lapangan," katanya.

Ia menambahkaan, Kabupaten Pesisir Selatan memiliki potensi pertanian yang cukup besar dan sebagian besar masyarakatnya berusaha di sektor pertanian. Kemudian pertanian selama ini menjadi basis ekonomi masyarakat.

"Terkait hal itu, maka Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan memberikan perhatian serius terhadap pengembangan sektor pertanian. Kita juga mendorong masyarakat agar berupaya meningkatkan usaha pertanian," katanya.(hms)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru