Puskesmas Balai Selasa POSBINDU PTM dan LANSIA Serta Senam PROLANIS di Nagari Sungai Liku

  • Cetak

PESISIR SELATAN, binews.id -Puskesmas Balai Selasa Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, Kamis ( 8/12) melakukan kegiatan POSBINDU PTM(Penyakit Tidak Menular )dan LANSIAserta senamPROLANIS di Nagari Sungai LikuBalaiselasa.

Senam Prolanis merupakan program pengelolaan penyakit kronis bagi lansia, yaitu berupa aktivitas fisik yang teratur dan terarah yang disarankan bagi orang lansia. Penelitian sebelumnya mengemukakan bahwa senam prolanis dapat menurunkan tekanan darah penderita hipertensi dan kadar gula darah pada penderita diabetes. Posyandu lansia merupakan salah satu wadah pelayanan untuk warga lanjut usia, ujar petugas sebagaimana diterima dari berita Perangkat Daerah Pessel.

Pelaksanaannya dilakukan oleh Petugas Puskesmas BalaiSelasa dibantu oleh Kader Posyandu Lansia dan Bidan Desa. Hal ini membuat program dan layanan yang tersedia bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat di Nagari sungai liku. Kegiatan ini diikuti oleh kelompok lansia dan dilaksanakan di sumedang. Petugas pelaksana yaitu Elyosmanida Kasna,Amd.Kep dan Aknes Fitria Ariesta,Amd.Kep.

Penyakit tidak menular (PTM) merupakan penyakit penyakit yang tidak bisa ditularkan dari orang ke orang, yang perkembangannya berjalan perlahan dalam jangka waktu yang panjang (kronis). Pada perjalanan awal, PTM sering tidak bergejala, banyak yang tidak mengetahui dan menyadari jika mengidap PTM. Hal tersebut membuat kesadaran untuk memeriksakan diri / deteksi dini kurang. Sehingga banyak yang periksa ketika terjadi komplikasi dari PTM, bahkanberakibat kematian lebih dini, tutupnya (*/on)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru