KPID Bakal Gelar Malam Anugerah KPID Sumbar 2022, Ini Beberapa Kategorinya

Ragam-180 klik
  • Cetak

PADANG, binews.id -- Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Barat bakal menggelar malam Anugerah KPID Sumbar 2022 dalam mengapresiasi insan peduli penyiaran.

Dengan mengusung tema "Bangkit Bersama Melalui Penyiaran Digital Menuju Sumbar Madani" acara malam penganugerahan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar 2022 dijadwalkan akan digelar di Auditorium Gubernuran Sumbar, Rabu (7/12/2022).

Rahmadi Sutrisno, SH, Ketua KPID Sumbar saat jumpa pers di Padang, Selasa (6/12/2022) mengatakan, dibanding tahun lalu, Malam Anugerah KPID Sumbar tahun 2022 ini terdapat dua kategori baru yakni Program Budaya Terbaik untuk kategori program siaran dan Apresiasi konten creator terbaik untuk kategori khusus.

Baca Juga

"Dalam Indikator penilaiannya adalah konten creator yang memiliki karya sesuai dengan P3SPS dan konten creator tersebut memiliki karya yang pernah tayang di Lembaga Penyiaran Sumatera Barat," jelasnya.

Dan untuk penjurian, KPID Sumbar melibatkan berbagai kalangan, mulai dari budayawan hingga ulama. "Dewan juri terdiri dari Komisioner KPID, kemudian dari unsur pemerintahan yakni Kepala Dinas Kominfotik Sumbar Jasman Rizal, Budayawan yang juga Bundo Kanduang Puti Reno Raudhatul Jannah Thaib, dari MUI Prof. DR. H. Alwis Qarni yang menilai konten religi, kemudian dari AJI Padang Aidil Ikhlas, serta dari Akademisi yakni pakar Komunikasi dan Penyiaran Islam DR. Abdullah Khusairi," pungkasnya.

Selanjutnya, Ketua Panitia Pelaksana Anugerah KPID Sumbar 2022, Ficky Tri Saputra, mengatakan, secara umum, penghargaan program siaran terdapat 7 kategori dan penghargaan khusus (9 kategori).

Ke-7 kategori program siaran tersebut yakni, Program berita terbaik, Program talkshow terbaik, program Feature terbaik, Program anak terbaik, Program Budaya Terbaik, Program iklan layanan masyarakat, Program siaran religi terbaik

"Kemudian ada 9 kategori khusus yakni untuk Kepala daerah peduli penyiaran, Tokoh peduli penyiaran, Tokoh inspiratif penyiaran, Penghargaan sepanjang masa, Apresiasi penggiat konten kreator Sumatera Barat, SSJ (Sistem Stasiun Jaringan) Terbaik, Lembaga penyiaran berlangganan (LPB) terbaik, Presenter terbaik dan Penyiar terbaik," ungkap Ficky.

Sementara itu, Komisioner KPID Sumbar Robert Cenedy menambahkan, dirinya memastikan pemberian penghargaan ini diberikan sesuai dengan kategori yang ada dan tentu melalui seleksi ketat.

Jumpa pers malam penganugerahan KPID Sumbar tersebut turut dihadiri para komisioner KPID Sumbar yaitu Dasrul, Eka Jumiati, dan Baldi Pramana. (bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru