OPD Tidak Beprediket Keterbukaan Informasi Publik itu Membuat Malu Pimpinan Daerah

Ragam-148 klik
  • Cetak

PAINAN, binews.id -- Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, tegas jangan ada lagi perangkat daerah tertutup di Pessel.

"Informasi Ketua KI Sumbar Pak Nofal Wiska bahwa Pessel satu-satinya Pemkab dan Pemko di Sumatera yang rutin gelar Monev internal, bangga iya, tapi aktualnya adalah ternyata dari berkali-kali Monev dan pemeringkatan ternyata masih ada OPD, Camat dan Wali Nagari belum menjalankan amanah UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik," ujar Rusma Yul Anwar Senin (5/12-2022) pada Anugerah PPID Pelaksana 2022 di Painan Conventiomln Center (PCC).

Terus terang kata Rusma Yul Anwar UU 14 tahun 2008 itu dilaksanakan secara konkrit yang terjadi itu tumbuh kuatnya kepercayaan publik kepada pemerintahan baik di kabupaten, kecamatan maupun nagari.

Baca Juga

"Jadi, kesadaran badan publik harus terjadi secara fakta, program untuk masyarakat, masyarakat bisa mengaksesnya, jangan bersembunyi atau bergelut dalam kain sarung soal uang rakyat, proyek pembangunan jangan dibicarakan dalam 'goa' tersembunyi, buka saja semua ke masyarakat luas," ujar Bupati.

OPD tidak dapat peringkat menurut Rusma Yul Amnwar itu OPD buat malu pimpinan yang dinilai pihak komisi informasi dan pegiat informasi di Sumbar adalah pimpinan yang komit, konsisten dan punya niat meujudkan keterbukaan informasi publik.

"Mestinya pimpinan OPD malu tidak mendapatkan prediket dari Monev digelar Diskominfo atau PPID Utama tahun ini," ujar Rusma Yul Anwar.

Sebelumnya Ketua Komisi Informasi Sumatera Barat Nofal Wiska memastikan Monev internal, Pessel lah satu-satunya menggelar rutin setiap tahun di Sumatera.

"Tahun depan ada kabupaten tetangga Sumbar yang mau gelar, saya sarankan untuk study trip ke Kominfilo Pessel dulu, karena di Pessel itu keterbukaan informasi sudah menjadi budaya lembaga di Pemkab Pessel. Sehingga itu untuk 2022 ini Pak Bupati satu-satunya kepala daerah menerima Achievement Motivaton Person Award (Tokoh Keterbukaan Informasi Publik) selain itu untuk kesekian kalinya pula berturut-turut Pemkab Pessel meraih INFORMATIF penialaian Komisi Informasi Sumbar," ujar Nofal Wiska didampingi Wakil Ketua KI Sumbar Atif Yumardi, Komisioner 2 Periode Adrian Tuswandi dan Asisten Ahli KI Sumbar Tiwi Utama.(bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru