Bersama SAR Gabungan, TRC Semen Padang Evakuasi 4 Korban Gempa di Desa Cijedil

  • Cetak

PADANG, binews.id -- SAR gabungan bersama relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang, kembali menemukan empat orang korban gempa di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (26/11/2022).

Usai ditemukan, SAR gabungan bersama relawan TRC dari perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara itu, langsung mengevakuasi keempat korban ke ambulance untuk selanjutnya dibawa ke rumah sakit.

"Evakuasi terhadap korban gempa yang sebelumnya dilaporkan hilang, kami lakukan secara estafet. Karena lokasi penemuan berlumpur," kata Koordintar TRC Semen Padang untuk bencana gempa bumi Cianjur, Saparudin, Sabtu sore.

Baca Juga

Penemuan terhadap korban gempa di Desa Cijedil berada di dua lokasi terpisah. Untuk dua korban pertama, ditemukan sekitar pukul 08.00 WIB di dekat areal persawahan yang tertimbun material tanah yang longsor akibat guncangan gempa.

Kemudian dua korban selanjutnya, ditemukan sekitar pukul 10.00 WIB di area pemukiman masyarakat yang rumahnya tertimbun longsor. Bahkan di area ini, TRC Semen Padang terlibat langsung memasukan satu jasad korban ke dalam kantong jenazah.

"Jasad korban yang kami masukan ke kantong jenazah ini anak-anak, usianya sekitar 4 tahun. Di Desa Cijedil ini masih ada 26 korban yang dilaporkan masih hilang. Karena, di kawasan ini banyak rumah warga yang tertimbun longsoran tanah akibat guncangan gempa Cianjur yang terjadi Senin siang kemarin," ujarnya.

Saparudin juga menyampaikan bahwa selain mencari korban hilang, TRC Semen Padang juga ikut membantu pendistribusian logistik ke pengungsian korban gempa di daerah Kampung Ciuendeur Babakan, RT 02/RW 02, Desa Cieundeur, Kecamatan Warungkondang, Cianjur.

"Jadi, untuk hari ini kami membagi dua tim berdasarkan arahan dari Posko Utama Satgas Bencana BUMN Peduli. Tim pertama untuk pendistribusian sembako dari SIG dan tim kedua untuk rescue atau pencarian dan evakuasi korban gempa," ujarnya

Dihubungi terpisah, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati meminta agar relawan TRC Semen Padang untuk terus menjaga kesehatan dan keselamatan selama menjalani misi kemanusian di lokasi bencana gempa Cianjur.

"Ini adalah misi kemanusiaan bagi relawan TRC dan juga bagi Semen Padang yang merupakan bagian dari SIG. Untuk itu, tetaplah kerja ikhlas, berikan pelayanan sepenuh hati bagi para korban gempa. Jaga kesehatan dan keselamatan selama berada di lokasi bencana," kata Anita. (bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru