Ribuan Masyarakat Nagari Koto Tuo Ikut Pawai Alegoris Peringati HUT RI ke-77

  • Cetak

LIMA PULUH KOTA, binews.id -- Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 Nagari Koto Tuo, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Gelar Pawai Alegoris dengan menyusuri jalanan di beberapa jorong di Kenagarian Koto Kamis ( 18/08/2022).

Ribuan masyarakat di Kenagarian Koto Tuo tumpah ruah ke jalan menyaksikan kemeriahan acara yang telah dua tahun lamanya absen dilaksanakan karena pandemi COVID-19. Sepanjang jalan masyarakat sangat antusias menyaksikan peserta pawai diantaranya drum band Sekolah SMP, SD dan TK dan juga drum band para lansia yang memanfaatkan galon dan panci.

Pawai alegoris ini dilepas secara resmi oleh walinagari Koto Tuo Eko Pratama S.Pd dengan para perangkat nagari Koto Tuo,yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara.

Pada gelaran pawai alegoris ini selain Walinagari Koto tuo juga turut hadir di Panggung kehormatan Marsanova Andesra Anggota DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota,Babinkamtibmas,Tokoh masyarakat Koto Tuo,Wali Jorong di kenagarian koto tuo.

Erni salah satu masyarakat yang sempat di wawancarai berita minang.com mengatakan "Senang sekali, sudah dua tahun HUT RI tidak semeriah ini, kami sengaja libur ke sawah karena ingin melihat Pawai Alegoris ini, suka cita kemerdekaan kental terasa dengan keramaian ini," ujarnya.

Sementara itu,Walinagari Koto Tuo Eko Pratama S.Pd kepada Beritaminang.com menjelaskan, Alhamdlillah gelaran pawai alegoris sangat ramai.Pawai yang kita laksanakan ini didukung dan dimeriahkan oleh berbagai elemen masyarakat.mulai dari rangkaian upacara detik -- detik proklamasi pada 17 agustus dan di lanjutkan dengan lomba pidato dan pawai alegoris.

Lebih jauh dijelaskan Eko, Pawai alegoris ini diikuti ke 6 jorong yang ada di Kenagarian Koto Tuo,diantaranya jorong pulutan, jorong koto tuo, jorong taratak padang rajo, jorong padang rantang, jorong simpang ompek,dan jorong tanjuang pati.

Untuk peserta dari setiap jorong yang tampil. menampilkan masing -- masing tradisi yang ada di kenagarian koto tuo,mulai dari sunat rasul, khatam Quran, maarak anak daro, mantaan asam, batagak penghulu dan turun mandi tukuk Eko.

Selain dari jorong juga diikuti penampilan Drum band dan kesenian dari sekolah TK, SD dan SMP yang ada di kenagarian koto tuo.

Rangkaian acara peringatan Hut Kemerdekaan Ke 77 Indonesia di Kenagarian Koto Tuo insyaallah di tutup di hari sabtu tgl 20 agustus dalam acara pentas seni. Wali Nagari muda ini berharap antusias elemen masyarakat semakin bertambah ujar Eko mengakhiri. (*/Ly)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru