Optimis Menang Lawan Corona, Badai Pasti Berlalu

94 hit
Optimis Menang Lawan Corona, Badai Pasti Berlalu

Dr Udung Noor Rosyad

Dosen Pasca Sarjana di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung

Beberapa hari terakhir ini terutama di pagi hari, saya rutin dapat pesan-pesan yang bagus dari Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana disertai fotonya yang selalu tersenyum. Semua yang disampaikan terkait dengan wabah Corona dan imbauan untuk berbuat kebaikan buat diri sendiri dan orang lain.

Contohnya hari ini. Pesannya penuh optimisme. "Saya sadar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan tindakan di rumah saja adalah hal berat bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Tapi, hanya dengan cara ini, kita bisa meminimalisir wabah Corona. Mari optimis, dalam waktu dekat kita akan menang melawan wabah ini. BADAI PASTI BERLALU.

Pesan-pesan tersebut disesuaikan dengan kondisi terkini sehingga aktualitasnya selalu terjaga. Misalnya yang disampaikan Jumat kemarin (11/4/2020). "PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) diberlakukan di Jakarta mulai Jumat ini (10/4/2020). Mari hormati kebijakan pemerintah agar sukses menaklukkan wabah Corona. Bagi sektor industri diharapkan tak ada yang melanggar. Apalagi, hanya ada delapan sektor yang masih bisa buka ketika PSBB dilakukan yakni sektor Kesehatan, Pangan (makanan dan minuman), Energi (air, gas, listrik, pompa, bensin), Komunikasi (jasa komunikasi dan media komunikasi), Keuangan dan perbankan, termasuk pasar modal, Kegiatan logistik distribusi barang, Kebutuhan ritel (warung, toko kelontong yang biasa beri bantuan warga) dan Industri strategis di kawasan Jakarta."

Sebelumnya di awal pemerintah menyampaikan kewajiban memakai masker, Aqua pada Selasa lalu (7/4/2020) mengirimkan pesan, "Solidaritas adalah yang paling utama di masa mewabahnya Corona seperti saat ini. Bagi yang berkecukupan uang, beli masker secukupnya, lalu berikan ke warga sekitar yang kurang mampu. Langkah kecil itu bisa menolong agar Corona tidak makin menyebar."

Jadwalnya Padat sekali Seminggu hingga Sembilan Sesi

Selama 15 tahun terakhir, teman saya yang satu ini hampir setiap hari selalu berpindah tempat, dari satu kota ke kota lainnya. Baik di Indonesia maupun di mancanegara.

Dua aktivitas dominan dilakukannya secara konsisten. Sharing Komunikasi dan Motivasi serta silaturahim. Semua kegiatan itu dilaksanakannya dengan penuh suka cita.

Jadwalnya padat sekali, terkadang dalam satu minggu melaksanakan sharing Komunikasi dan Motivasi hingga sembilan sesi. Sama sekali tidak terlihat lelah di wajahnya. Tetap tersenyum pada siapa saja.

Semua itu terjadi karena Bapak dua anak ini selalu melakukan seluruh aktivitasnya dengan penuh ketulusan dan keikhlasan. Meniatkan semua kegiatannya ibadah, sepenuhnya karena ALLAH SWT.

Undangan sharing Komunikasi dan Motivasi datang silih berganti dari berbagai institusi. Mulai perguruan tinggi, pemerintah daerah, kementerian, BUMN, swasta, TNI, hingga Polri. Semuanya dilayani satu-persatu.

Kesabaran Dilatih, Intinya selalu Bersyukur dan Ikhlas

Namun sejak mewabahnya virus corona, ia tidak ke mana-mana "Stay at Home" mengikuti anjuran pemerintah. Sabtu ini (11/4/2020) adalah hari ke-27 Aqua di rumah.

Bagi saya ini terasa aneh. Apalagi melihat jadwalnya yang super padat. Biasanya Aqua Senin dinihari meninggalkan kediamannya di Bogor dan pulang Jumat malam dari berbagai kota di Indonesia dan bahkan luar negeri.

Saya saja yang melihatnya sudah "cape". Tapi bagi Aqua sedikitpun tidak kelihatan lelah. Selalu tersenyum yang merupakan ciri khasnya sekaligus kekuatannya dalam membangun silaturahim dengan teman-temannya yang sangat banyak di seluruh nusantara dan puluhan negara.

Kamis lalu (9/4/2020) saat saya tanya bagaimana perasaannya selama lebih dari 3 minggu di rumah saja, Aqua dengan santai menjawab, "Siap Pak UDUNG. Kesabaran kita dilatih.Saya sudah 25 hari di rumah. Alhamdulillah betah banget.Makasih banyak Pak UDUNG."

"Alhamdulilah, soalnya Uda Aqua kan sehari-hari keliling terus dari kota ke kota lainnya di Indonesia dan luar negeri. Sekarang merasakan betapa betahnya di rumah..." Ujar saya.

"Siap Pak UDUNG. Menurut saya hal tsb dikembalikan ke individu masing-masing untuk dapat mengelola hatinya. Intinya adalah selalu BERSYUKUR n bersikap IKHLAS. Jadi pasrah sepenuhnya kepada ALLAH SWT.Makasih banyak Pak UDUNG." Jawabnya.

Sebelumnya pada Minggu lalu (5/4/2020) Aqua mengirimkan tulisan berjudul Sangat Bersyukur dan Menikmati sekali, Tiga Minggu di Rumah karena Corona. Dia menceritakan kegiatan di rumah selama corona sehingga merasa sangat betah.

Tidak Sekedar Mengimbau, Mencontohkannya secara Nyata

Bagi orang yang aktif dan kreatif seperti Aqua adanya musibah seperti sekarang ini tidak menjadikan dirinya diam dan betul-betul "Stay at Home" di rumahnya di Bogor. Ia terus berkarya menulis dan menyampaikan pesan-pesan yang bermanfaat kepada masyarakat Indonesia mengenai wabah Corona yang belum enyah dari Bumi Pertiwi.

Sampai Jumat sore kemarin di Indonesia tercatat ada 3.512 kasus positif Corona. Sebanyak 282 pasien sembuh dan 306 orang meninggal. Dari kasus positif Corona lebih dari separuh terjadi di DKI.

Aqua yang merupakan sahabat akrab Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mempunyai cara sendiri dalam mengatasi masalah itu. Setiap hari ia menulis di media sosial berkaitan dengan virus Corona tersebut.

Sebagai orang yang mendalami Ilmu Komunikasi baik secara formal maupun informal, Aqua paham betul bagaimana caranya mengubah perilaku masyarakat dari yang tadinya tidak menggunakan masker hingga memakainya sebagai pelindung dari bahaya virus corona. Tidak sekedar mengimbau, paling utama Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu selalu mencontohkannya secara nyata.

Aqua juga intens berkomunikasi dengan Doni Monardo. Mendiskusikan berbagai hal dan memberikan banyak masukan terutama tentang Komunikasi yang terkait dengan virus corona.

Selain menulis, Aqua menyalurkan sepuas-puasnya hobi membacanya. Jika sebelumnya Aqua baca berbagai bacaan - koran, majalah, buku, dan media sosial - rata-rata sehari selama 6 jam, kini lebih dari itu. Mantan wartawan di banyak media besar ini sangat menikmati aktivitas positif tersebut.

Hari ini Aqua menyapa teman-temannya mengutip penyanyi Chrisye dengan lagunya yang berjudul "BADAI PASTI BERLALU". Terus berkarya dan sukses ya... Aamiin ya robbal aalamiin...

Komentar